x

Profil Tim Euro 2020: Denmark

Jumat, 28 Mei 2021 22:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Timnas Denmark di Euro 2020.

INDOSPORT.COM – Turnamen sepak bola antarnegara terakbar di Eropa, Euro 2020, akan segera bergulir pada 11 Juni hingga 11 Juli 2022 nanti. Tim-tim peserta pun menyiapkan skuad terbaik mereka termasuk Timnas Denmark.

Dalam sejarah sepakbola Eropa dan dunia, Tim nasional Denmark dikenal sebagai tim kuda hitam yang kerap mengejutkan. Predikat itu tersemat usai Denmark menjuarai Piala Eropa 1992.

Baca Juga
Baca Juga

Kala itu Denmark sama sekali tak diunggulkan untuk juara. Apalagi, tim ini masuk usai menggantikan Yugoslavia yang dilarang bertanding. Namun, tak ada menyangka tim non-unggulan ini justru menjadi kampiun di gelaran paling akbar tahun 1992 tersebut. 

Julukan tim Dinamit pun tersemat pada Denmark lantaran kejutan yang ditimbulkannya seperti ledakan sebuah dinamit. Setelah absen di edisi sebelumnya, kini Denmark berusaha mengulangi “ledakan dinamit" tersebut di Euro 2020.

Tim Denmark, bisa dikatakan, memiliki skuat yang paling mumpuni. Mereka belum lama ini telah merilis 25 nama pemain yang akan tergabung di timnas untuk Euro 2020, termasuk Kasper Schmeichel dan Pierre-Emile Hojbjerg.

Kasper Schmeichel sendiri bakal menjadi sorotan setelah sukses mengantar Leicester kampiun Piala FA 2020-2021. Di lini pertahanan, tengah dan depan, Tim  Denmark juga punya pemain sekelas Simom Kjaer, Andreas Christensen, Christian Eriksen, Pierre-Emile Hojbjerg, Martin Braithwaiter, hingga Yussuf Poulsen.

Baca Juga
Baca Juga

Ditopang  sejumlah pilar tersebut, Tim Denmark sudah membuktikan taji mereka di sepanjang kualifikasi Euro 2020 dengan tanpa menelan kekalahan di Grup D. Saat itu, Denmark hanya kalah tipis dalam perolehan poin dengan Swiss yang sukses menjadi juara GrupD.

Tergabung di grup B, Denmark nantinya akan saling jegal dengan tiga tim tangguh lainnya, yakni melawan Finlandia, Belgia dan Rusia.


1. Perkiraan Formasi dan Starting XI:

Starting XI Timnas Denmark di Euro 2020.

Kasper Hjulmand memastikan akan membawa 26 pemain di dalam skuat Timnas Denmark untuk Euro 2020. Tujuh di antaranya  memainkan sepak bola di Liga Inggris.

Di Timnas Denmark ini, sejumlah nama yang menonjol di liga domestik Inggris yakni penjaga gawang Leicester Schmeichel, yang akan berperan penting di tim Denmark, sementara Andreas Christensen dari Chelsea, Jannik Vestergaard dari Southampton, dan pemain Fulham Joachim Andersen yang mana mereka akan memperkuat lini pertahanan.

Selain itu ada juga pemain Tottenham, Hojbjerg, yang juga akan berperan di tengah taman. Dua bintang Brentford, Christian Norgaard dan Mathias Jensen juga terpilih meski tak masuk skuat utama. .

Selain itu, terdapat empat pemain yang termasuk dalam kategori timnas U-23 namun berpeluang mendapatkan kesempatan debut bersama tim senior. Yakni, Kasper Dolberg (23 tahun), Jonas Wind (22), Andreas Skov Olsen (21), dan Mikkel Damsgaard (20).

Selebihnya, anggota skuad Denmark dihuni pemain-pemain berpengalaman, termasuk dua pemain yang sudah tampil lebih dari 100 kali, yaitu Simon Kjaer (105) dan Christian Eriksen (106).

Berikut ini prediksi starting XI Timnas Denmark yang akan tampil di Euro 2020:

Starting Xi (4-3-3): Kasper Schmeichel (Leicester), Simon Kjaer (AC Milan), Andreas Christensen (Chelsea), Daniel Wass (Valencia), Joakim Maehle (Atalanta); Christian Eriksen (Inter Milan), Thomas Delaney (Borussia Dortmund), Pierre-Emile Hojbjerg (Tottenham Hotspur); Jonas Wind (Copenhagen), Martin Braithwaite (Barcelona), Yussuf Poulsen (RB Leipzig).

Skuat Sementara Timnas Denmark untuk Euro 2020:

Kiper: Kasper Schmeichel (Leicester), Jonas Lossl (FC Midtjylland), Frederik Ronnow (Schalke)

Bek: Simon Kjaer (AC Milan), Andreas Christensen (Chelsea), Jannik Vestergaard (Southampton), Joachim Andersen (Fulham), Mathias Jorgensen (Copenhagen), Daniel Wass (Valencia), Jens Stryger Larsen (Udinese), Joakim Maehle (Atalanta), Nicolai Boilesen (Copenhagen)

Gelandang: Christian Eriksen (Inter Milan), Thomas Delaney (Borussia Dortmund), Pierre-Emile Hojbjerg (Tottenham), Mathias Jensen, Christian Norgaard (both Brentford), Anders Christiansen (Malmo)

Penyerang: Kasper Dolberg (Nice), Jonas Wind (Copenhagen), Andreas Cornelius (Parma), Martin Braithwaite (Barcelona), Robert Skov (Hoffenheim), Mikkel Damsgaard (Sampdoria), Yussuf Poulsen (Leipzig), Andreas Skov Olsen (Bologna).

Player to Watch: Christian Eriksen (Inter Milan)

Hattrick Cristian Eriksen ke gawang Irlandia bawa Denmark ke Piala Dunia 2018.

Christian Eriksen merupakan pemain kunci Timnas Denmark dalam beberapa tahun terakhir. Dia juga menjadi senior dengan caps terbanyak di skuat Denmark saat ini, yakni mencatat 106 penampilan.

Bertindak sebagai gelandang serang, Eriksen berperan penting dalam mengatur serangan Denmark. Dia juga kerap menjadi pemain yang paling diwaspadai tim-tim lawan.

Musim 2020-2021 adalah milik Eriksen dengan dirinya juga membantu Inter Milan meraih gelar juara pertama dalam 11 tahun di Serie A Italia.

Prediksi di Euro 2020:

Dengan statusnya sebagai tim yang baru kembali tampil di Euro 2020 setelah absen pada edisi 2016, Denmark jelas bukanlah salah satu tim yang diunggulan untuk juara.

Namun, perlu diingat sekali lagi bahwa Denmark adalah ‘tim dimanit’, yang bisa meledak kapan pun di turnamen ini. Tim ini memiliki deretan pemain bintang yang tersebar di semua lini.

Tim asuhan Kasper Hjulmand itu merupakan satu-satunya tim yang tidak pernah menelan kekalahan di Grup D. Mereka juga meraih 4 kemenangan dan 4 hasil seri dari 8 pertandingan.

Selain itu, Denmark juga sangat produktif di fase grup. Mereka mampu mencetak 23 gol dan hanya kemasukan 6 gol saja.

DenmarkEuro 2020Christian EriksenBola InternasionalprofilFeatureProfil Tim Euro 2020Euforia Eropa

Berita Terkini