x

Profil Negara Euro 2020: Ukraina

Selasa, 1 Juni 2021 05:57 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Timnas Ukraina di Euro 2020.

INDOSPORT.COM – Salah satu kompetisi sepak bola paling bergengsi di dunia Euro 2020 akan segera bergulir pada 11 Juni hingga 11 Juli 2022 mendatang. Tim-tim peserta pun menyiapkan skuad terbaik mereka termasuk Timnas Ukraina.

Timnas Ukraina berhasil lolos ke fase grup C Euro 2020. Di mana Ukraina tergabung bersama Belanda, Austria dan Makedonia Utara.

Sebelumnya Ukraina mampu tampil apik di mana tim besutan Andriy Shevchenko tersebut langsung lolos lantaran tak terkalahkan di babak kualifikasi dan menjadi pemenang di Grup B.

Baca Juga
Baca Juga

Tercatat Ukraina tak terkalahkan sepanjang kualifikasi di Grup B, Oleksandr Zinchenko dkk telah mencetak 17 gol serta mengantongi 20 poin dalam delapan laga yang telah dilakoninya.

Hasil ini membuat Ukraina memuncaki Grup B dan lolos ke putaran selanjutnya, unggul atas Portugal, Serbia, Luksemburg dan Lithuania.

Ukraina sendiri sempat terpuruk hingga kesulitan untuk menembus gelaran Euro sejak musim 1996 hingga 2008 silam. Namun setelah itu negara yang telah lepas dari Uni Soviet mampu bangkit.

Baca Juga
Baca Juga

Tercatat, pada edisi 2012, Ukraina berhasil lolos karena berstatus tuan rumah bersama Polandia, sayangnya  tak mampu membendung kekuatan tim papan atas Inggris dan Prancis.

Di edisi selanjutnya yakni 2016, mereka lolos usai menang Slovenia lewat agregat 3-1 di babak play-off. Akan tetapi langkahnya terhenti atas Polandia, Jerman dan Irlandia Utara.


1. Perkiraan Formasi, Starting XI, Player to Watch dan Prediksi Timnas Ukraina di Euro 2020

Starting XI Timnas Ukraina di Euro 2020.

Prakiraan Formasi

Andriy Shevchenko yang akan menjadi pelatih kepala untuk Timnas Ukraina tentu akan menurunkan pemain serta taktik tajam untuk membawa timnya lolos dari fase grup Euro 2020.

Mantan pemain AC Milan itu dikenal memiliki gaya kepelatihan Attacking Minded atau tipikal menyerang, yang dibuktikan dengan mampu mengantongi 17 gol dalam delapan penampilan di babak kualifikasi Euro 2020.

Shevchenko juga memiliki formasi andalan 4-3-3. Namun karena banyaknya pemain di posisi menyerang, maka ia kemungkinan akan menggunakan 4-2-3-1.

Formasi tersebut diyakini akan menjadi andalannya karena bisa memberikan stabilitas dalam menyerang dan bertahan karena adanya double pivot di depan empat bek.

Pengalamannya saat dilatih oleh juru taktik papan atas yang memiliki attacking minded seperti Carlo Ancelotti dan Jose Mourinho yang pragmatis bisa membuat Shevchenko mengkombinasikan dua gaya tersebut di skema 4-2-3-1.

Ukraina (4-2-3-1):

Anatoliy Trubin; Oleksandr Tymchyk, Serhiy Kryvtsov, Mykola Matviyenko, Vitaliy Mykolenko; Taras Stepanenko, Mykola Shaparenko; Ruslan Malinovskyi, Andriy Yarmolenko, Oleksandr Zinchenko; Roman Yaremchuk

Ruslan Malinovksyi

Ruslan Malinovksyi merupakan pemain bertipe playmaker, namun ia juga bisa menjadi ancaman. Terutama sepakan kaki kirinya yang turut menjadi andalannya.

Ia juga dianggap memiliki nilai lebih kala mendribel bola, melepaskan tendangan jarak jauh, dan mengambil tendangan bebas, serta handal menyetak gol dari luar kotak penalti.

Performanya bersama Atalanta juga terbilang cukup konsisten dan diperhitungkan. Bintang berusia 28 tahun ini telah menorehkan 10 gol dan 12 assist dalam 43 laga bersama tim raksasa Serie A Italia itu.

Di sisi lain, sejauh ini Ruslan Malinovksyi telah mengamankan enam gol dan lima assist dalam 35 pertandingannya bersama timnas Ukraina.

Meski memiliki pengalaman tak mulus dan terbilang cukup buruk di kompetisi Eropa, namun nyatanya Ukraina menjadi tim yang patut diwaspadai di Euro 2020 ini.

Andriy Sevchenko selaku mantan pesepak bola kelas dunia yang ditunjuk sebagai pelatih anyar menggantikan Mykhaylo Fomenko diprediksi bakal menjadi angin segar untuk Timnas Ukraina.

Ukraina diprediksi bisa melangkah hingga babak semifinal atau minimal lolos dari Grup C mengingat hanya Belanda yang bakal menjadi lawannya dan Ruslan Malinovksyi cs berada di atas kertas.

UkrainaEuro 2020Andriy ShevchenkoBola InternasionalRuslan MalinovskyiProfil Tim Euro 2020Euforia Eropa

Berita Terkini