x

Profil Tim Euro 2020: Inggris

Selasa, 1 Juni 2021 18:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Timnas Inggris di Euro 2020.

INDOSPORT.COM - Berikut profil Timnas Inggris yang akan berlaga di Euro 2020. Terkenal bertabur bintang, apakah kali ini The Three Lions bakal sukses?

Sepanjang sejarah sepak bola dunia, siapa yang tidak mengenal Timnas Inggris, yang sudah sangat terkenal dengan para peman elitenya. Namun siapa sangka sepak terjang The Three Lions tidak sehebat nama-nama besar yang ada di dalamnya.

Mereka bahkan terakhir memenangkan ajang Piala Dunia pada tahun 1966. Sementara itu, untuk Euro sendiri, Timnas Inggris berhasil mencatatkan prestasi terbaiknya sebagai peringkat ketiga pada tahun 1968.

Sebelum Euro 2020, Timnas Inggris hanya mampu mencapai fase 16 besar pada gelaran tahun 2016 lalu. Meski begitu, Gareth Southgate nampaknya bisa menaruh cukup harapan pada skuat yang ada saat ini.

Baca Juga
Baca Juga

Timnas Inggris sendiri sudah memasuki generasi barunya untuk pilihan skuat yang ada sekarang. Meski Gareth Southgate punya lebih banyak opsi, di sisi lain ia juga dibuat kelimpungan saat memilih pemain.

Selain itu, para bintang muda Timnas Inggris saat ini juga memegang peran penting di level klub masing-masing. Bahkan, beberapa di antara mereka tampil di final Liga Champions 2020-2021 dengan seragam Chelsea dan Manchester City.

Gareth Southgate pun harus memikirkan skuat Timnas Inggris untuk Euro 2020 dengan sebaik-baiknya, termasuk memangkas setidaknya tujuh pemain dari daftar skuat sementara.

Hingga tulisan ini dibuat, pelatih sepak bola asal Watford tersebut masih belum memutuskan 26 pemain yang sudah pasti ia bawa ke Euro 2020. Tenggat dari UEFA sendiri adalah hari ini, Selasa (01/06/21) pukul 11 malam waktu setempat.

Baca Juga
Baca Juga

Pelatih

Gareth Southgate merupakan salah satu pelatih Inggris tulen yang didapuk sebagai pelatih The Three Lions sejak tahun 2016. Sebelumnya, ia sempat menukangi kelompok umur U-21 sebelum ke Timnas senior.

Prestasi terbaiknya bersama Timnas Inggris adalah peringkat keempat Piala Dunia 2018 dan peringkat ketiga UEFA Nations League 2019. Belum bicara banyak di ajang Euro, sanggupkah, Southgate?


1. Perkiraan Formasi dan Starting XI

Starting XI Timnas Inggris di Euro 2020.

Diprediksi masih akan menggunakan formasi 4-3-3, Gareth Southgate sepertinya tidak perlu cemas bakal kekurangan pilihan pemain.

Di kubu penjaga gawang, Jordan Pickford masih akan jadi andalan utama skuat The Three Lions. Sementara itu, kehadiran Harry Maguire di lini pertahanan juga sangat krusial bagi penampilan Timnas Inggris.

Wayne Rooney bahkan menuturkan bahwa Timnas Inggris bakal sulit juara jika tidak ada Harry Maguire dan Jordan Henderson, dua sosok penting yang juga berstatus kapten di klub masing-masing.

Hanya saja, keduanya tengah dilanda cedera. Meski begitu, masih ada peluang bagi Maguire untuk masuk daftar pemain Euro 2020 dan sudah kembali fit ketika turnamen dimulai.

Jelang diumumkannya 26 pemain Timnas Inggris untuk Euro 2020, kabar mengejutkan datang dari Trent Alexander-Arnold (Liverpool) dan Mason Greenwood (Manchester United), yang konon terdepak dari daftar Southgate.

Sang pelatih kabarnya lebih memilih membawa Kyle Walker dan Kieran Trippier yang sudah jadi andalannya sejak Piala Dunia 2018, ketimbang Alexander-Arnold. Di sisi lain, Greenwood juga kalah saing dari Jesse Lingard yang tampil apik bersama West Ham.

Skuat Sementara Timnas Inggris untuk Euro 2020*

GK: Dean Henderson (Manchester United), Jordan Pickford (Everton), Sam Johnstone (West Brom), Aaron Ramsdale (Sheffield United)

DF: Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Ben Chilwell (Chelsea), Conor Coady (Wolverhampton Wanderers), Ben Godfrey (Everton), Reece James (Chelsea), Harry Maguire (Manchester United), Tyrone Mings (Aston Villa), Luke Shaw (Manchester United), John Stones (Manchester City), Kieran Trippier (Atletico Madrid), Kyle Walker (Manchester City), Ben White (Brighton).

MF: Jude Bellingham (Borussia Dortmund), Jordan Henderson (Liverpool), Jesse Lingard (West Ham), Mason Mount (Chelsea), Kalvin Phillips (Leeds), Declan Rice (West Ham), James Ward-Prowse (Southampton).

FW: Dominic Calvert-Lewin (Everton), Phil Foden (Manchester City), Jack Grealish (Aston Villa), Mason Greenwood (Manchester United), Harry Kane (Tottenham), Marcus Rashford (Manchester United), Bukayo Saka (Arsenal), Raheem Sterling (Manchester City), Jadon Sancho (Borussia Dortmund), Ollie Watkins (Aston Villa).

*sebelum deadline 


2. Player to Watch

Harry Kane, andalan Timnas Inggris dan juga Tottenham Hotspur.

Harry Kane masih akan jadi andalan Timnas Inggris di Euro 2020. Pemain yang satu ini nampaknya cocok apabila disebut sebagai pentolan skuat, entah itu di level negara maupun klub (Tottenham Hotspur).

Deretan penghargaan dan pencapaian yang berhasil ia raih selama berseragam Timnas Inggris adalah buktinya. Kane pun nampaknya harus bersiap kembali jadi bintang setelah menyabet Sepatu Emas di Piala Dunia 2018.

Yang makin mengerikannya lagi, ia juga berhasil menggondol penghargaan serupa di ajang Liga Inggris selama tiga musim ( 2015-2016, 2016-2017, dan 2020-2021).

Fakta-fakta ini tentu akan membuat para calon lawan Timnas Inggris di Euro 2020 bergidik. Mereka sebaiknya berhat-hati dengan Kane yang siap mencetak gol, merobek gawang lawan kapan saja dan di mana saja.


3. Prediksi di Euro 2020

Timnas Inggris di Euro 2020.

Seperti diketahui, Timnas Inggris adalah tim elite dan bertabur bintang yang sayangnya selalu gagal meraih prestasi puncak sejak menjuarai Piala Dunia 1966.

Walaupun sempat diisi para pemain -yang konon generasi emas mereka- yakni Frank Lampard, David Beckham, Steven Gerrard, dkk, skuat The Three Lions tetap tidak bisa mengaum layaknya singa ganas di kompetisi sepak bola internasional.

Timnas Inggris asuhan Gareth Southgate saat ini jelas punya peluang untuk mengukir catatan apik yang sebelumnya belum bisa ditorehkan para pendahulu mereka.

Berbekal pada penampilan apik saat Piala Dunia 2018, apalagi dipimpin sosok seperti duo Harry (Kane dan Maguire), bukan tidak mungkin Timnas Inggris bisa melaju jauh di gelaran Euro 2020, atau bahkan jadi juara.

InggrisEuro 2020Harry KaneGareth SouthgateEuroTimnas InggrisBola InternasionalProfil Tim Euro 2020Euforia Eropa

Berita Terkini