x

Profil Tim Euro 2020: Republik Ceko

Selasa, 1 Juni 2021 22:22 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Isman Fadil
Timnas Republik Ceko di Euro 2020.

INDOSPORT.COM – Gelaran Euro 2020 yang akan bergulir pada 11 Juni-11 Juli 2021 mendatang sebentar lagi bakal segera dimulai. Republik Ceko akan menjadi salah satu dari 24 negara yang ikut berkompetisi di turnamen akbar empat tahunan di Eropa tersebut.

Menyandang status sebagai runner-up Grup A Kualifikasi Euro 2020, Republik Ceko bukanlah kesebelasan yang bisa dipandang sebelah mata. Mereka tercatat berhasil mengkoleksi 15 poin dari 5 kemenangan dan 3 kekalahan.

Baca Juga
Baca Juga

Sebagai kekuatan yang dipenuhi oleh talenta-talenta istimewa yang mayoritas bermain di kompetisi domestik, Ceko menatap Euro 2020 ini dengan modal percaya diri dan keyakinan yang tinggi.

Apalagi gelaran Euro adalah sumber kepercayaan dan gengsi bangsa Ceko sejak mereka meraih gelar juara sebagai Cekoslovakia tahun 1976 silam. Mereka juga nyaris meraihnya kala sudah menjadi Republik Ceko tahun 1996, saat itu Karel Poborsky dkk hanya mampu menjadi runner-up.

Berada di bawah arahan Jaroslav Silhavy, sosok legendaris pemegang caps terbanyak dengan 465 penampilan ini diharapkan bisa meracik taktik terbaik mengkombinasikan talenta berpengalaman dengan talenta-talenta muda di skuad Ceko.

Euro 2020 ini juga akan menjadi ajang balas dendam Ceko mengingat mereka harus pulang tanpa raihan kemenangan di gelaran Euro 2016 silam.

Baca Juga
Baca Juga

Masyarakat Ceko berharap jika tim nasional kebanggaan mereka bisa memberikan kejutan di Euro 2020 meskipun Grup D yang mereka huni boleh dikatakan sebagai salah satu grup terketat di kompetisi paling akbar seantero Eropa ini.


1. Prakiraan Formasi dan Starting XI

Starting XI Timnas Republik Ceko di Euro 2020.

Memiliki setidaknya satu bintang di tiap sektor, Ceko layak untuk bersyukur. Bintang tiap sektor ini juga merupakan bintang andalan di klub mereka masing-masing.

Ceko tampaknya akan bermain dengan formasi 4-2-3-1 dan bakal mengandalkan Darida serta ketajaman bomber Bayer Leverkusen, Patrik Schick yang menyandang status sebagai top skor tim di babak kualifikasi kemarin yang akan didukung oleh Jakub Jankto serta Lukas Masopust di sayap.

Di lini belakang, mereka diyakini akan mengandalkan agresivitas dua bek sayap yakni Ales Mateju dan Vladimir Coufal. Sementara di tengah, jantung pertahanan Ceko diprediksi bakal menjadi tanggung jawab Tomas Holes dan Pavel Kaderabek.

Sementara di sektor tengah mereka bakal mengandalkan Tomas Soucek dan Alex Kral yang akan menjadi motor serangan sekaligus benteng pertahanan pertama Ceko.

Berikut prakiraan formasi dan starting XI Republik Ceko di Euro 2020:

Republik Ceko (4-2-3-1): Tomas Vaclik; Ales Mateju, Pavel Kaderabek, Tomas Holes, Vladimir Coufal; Alex Kral, Tomas Soucek; Jakub Jankto, Vladimir Darida, Lukas Masopust; Patrik Schick.

26 Pemain yang dipanggil Rebublik Ceko untuk Euro 2020:

Kiper: TOMAS VACLIK (Sevilla), Jiri Pavlenka (Werder Bremen), Ales Mandous (Olomouc), Filip Nguyen (Slovan Liberec).

Bek: VLADIMIR COUFAL (West Ham United), PAVEL KADERABEK (Hoffenheim), Ondrej Celustka (Sparta Praha), David Zima (Slavia Praha), Jan Boril (Slavia Praha), ALES MATEJU (Brescia), Jakub Brabec (Viktoria Plzen).

Gelandang: LUKAS MASOPUST (Slavia Praha), VLADIMIR DARIDA (Hertha Berlin), TOMAS SOUCEK (West Ham United), Antonin Barak (Hellas Verona), ALEX KRAL (Spartak Moskow), TOMAS HOLES (Slavia Praha), Petr Sevcik (Slavia Praha), JAKUB JANKTO (Sampdoria), Adam Hlozek (Sparta Praha), Jakub Pesek (SLovan Liberec), Michal Sadilek (Slovan Liberec).

Penyerang: PATRIK SCHICK (Bayer Leverkusen), Michael Krmencik (PAOK), Matej Vydra (Burnley), Tomas Pekhart (Legia Warsawa).


2. Player to Watch

Tomas Soucek gelandang West Ham United yang diprediksi bakal menjadi andalan Republik Ceko di Euro 2020.

Tomas Soucek akan menjadi satu pemain yang patut diwaspadai dari Republik Ceko. Ia adalah detak jantung dan motor serangan tim sekaligus benteng pertahanan pertama andaikata lawan melakukan serangan balik.

Bintang andalan Ceko yang tengah menikmati kepopulerannya bersama West Ham United ini adalah Pemain Terbaik Ceko musim 2018/19 yang mendapatkan julukan sebagai ‘Fellaini dari Ceko' ini merupakan raksasa di lini tengah yang tak hanya cakap kala bertahan tetapi juga sangat mengerikan kala membantu serangan.


3. Prediksi Ceko di Euro 2020

Timnas Republik Ceko di Euro 2020.

Bercokol di Grup D, Ceko harus melewati hadangan Kroasia, runner-up Piala Dunia 2018 dan Inggris, juara Grup A Kualifikasi Euro 2020 untuk bisa melaju ke babak 16 besar.

Sementara satu tim lagi yakni Skotlandia diprediksi tak bakal menjadi lawan yang terlalu sulit tetapi tetap harus diwaspadai.

Jika Ceko bisa membuat Kroasia dan Inggris bertekuk lutut, maka kans mereka untuk bisa menghadirkan kejutan di gelaran Euro 2020 ini terbuka sangat lebar.

CekoEuro 2020EuroBola InternasionalProfil Tim Euro 2020Euforia Eropa

Berita Terkini