x

3 Bintang AS Roma yang Jadi Korban Jika Jose Mourinho Boyong Granit Xhaka

Minggu, 13 Juni 2021 17:57 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Bintang Arsenal, Granit Xhaka, merapat ke AS Roma usai dirinya diminati oleh Jose Mourinho. Berikut 3 bintang Giallorossi yang bakal jadi korban kedatangannya.

INDOSPORT.COM – Bintang Arsenal, Granit Xhaka, merapat ke AS Roma usai dirinya diminati oleh Jose Mourinho. Berikut 3 bintang Giallorossi yang bakal jadi korban kedatangannya.

Di tengah semaraknya gelaran Euro 2020, sepak bola Eropa kini juga diramaikan oleh  bursa transfer musim panas.

Di Serie A Italia, salah satu klub yang tengah melakukan pembenahan serius adalah AS Roma. Seperti diketahui, Giallorossi kini dipimpin pelatih kawakan Jose Mourinho, menggantikan Paulo Fonseca yang membawa Roma hanya finis di peringkat 7 Serie A Italia.

Baca Juga
Baca Juga

Manajemen AS Roma pun mulai membidik sejumlah nama di bursa transfer dan belakangan ini santer disebut bakal segera mendaratkan bintang Arsenal, Granit Xhaka.

Sebagai informasi, mendatangkan Xhaka merupakan permintaan khusus Jose Mourinho kepada manajemen AS Roma. Pria Portugal itu sempat melontarkan pujian tinggi untuk Xhaka dengan menyebutnya sebagai salah satu sosok penting dan pemimpin bagi Arsenal.

Sementara itu, Football London menyebut Arsenal dan AS Roma telah mencapai kesepakatan terkait kepindahan sang pemain dengan biaya 20 juta euro (Rp344 miliar).

Selain itu, Roma juga dikabarkan telah menyepakati sejumlah permintaan pribadi Xhaka, termasuk gaji 2,5 juta uero (Rp43 miliar) per musim, dengan sang gelandang akan diikat kontrak 5 tahun.

Baca Juga
Baca Juga

Xhaka sendiri musim lalu mencatatkan 45 penampilan di semua kompetisi bersama Arsenal dan menjadi salah satu pemain favorit Mikel Arteta. Berposisi natural sebagai gelandang tengah, ia bahkan beberapa kali diandalkan mengisi sektor full back kiri seiring absennya Kieran Tierney.

Di sisi lain, kehadiran Xhaka akan membuat lini tengah AS Roma makin padat. Dengan demikian, besar kemungkinan bakal ada pemain yang terdepak sebagai buntut kedatangan pemain timnas Swiss ini.

Lantas, siapa saja bintang AS Roma yang berpotensi menjadi korban jika Jose Mourinho memboyong Granit Xhaka dari Arsenal di bursa transfer musim panas ini? Berikut ini ulasannya.


1. Ada Eks Manchester United

Gonzalo Villar, pemain AS Roma.

1. Gonzalo Villar

Sempat kesulitan di musim pertama bersama AS Roma, Gonzalo Villar tampil apik musim lalu dan sukses mencatatkan 47 penampilan di semua kompetisi. Namun, dengan kedatangan Xhaka dan posisi Jordan Veretout dan Lorenzo Pellegrini yang sulit digeser, menit bermain Villar terancam menurun.

Dalam skema 4-3-3, 2 tempat di lini tengah AS Roma besar kemungkinan akan diisi Jordan Veretout dan Lorenzo Pellegrini. Dengan demikian, Gonzalo Villar harus bersaing dengan Granit Xhaka mengisi 1 tempat terisa.

Berbekal pengalaman panjang di level teratas, Xhaka diyakini akan jadi pilihan utama Mourinho. Namun, dengan bakat besar dan usianya yang baru 23 tahun, Villar masih punya masa depan cerah bersama Roma.

2. Amadou Diawara

Menjalani musim kedua pada 2020/2021 lalu bersama AS Roma, Amadou Diawara masih kesulitan mendapatkan tempat utama. Bintang Guinea ini hanya mencatatkan 28 penampilan di semua kompetisi, dengan hanya 17 kali menjadi starter.

Kehadiran Xhaka, serta keberadaan pada gelandang lawas seperti Jordan Veretout dan Gonzalo Villar hingga Bryan Cristante akan membuat Amadou Diawara makin sulit mendapatkan menit bermain.

Football London bahkan menyebut AS Roma kini mempertimbangkan melepas Amadou Diawara ke Arsenal sebagai bagian dari kepindahan Granit Xhaka, mengingat Meriam London pernah meminati Diawara musim panas lalu.

3. Chris Smalling

Chris Smalling saat memperkuat AS Roma

Chris Smalling memang seorang bek tengah sehingga tidak berebut posisi langsung dengan Granit Xhaka. Namun, kehadiran Xhaka membuat lini tengah AS Roma semakin padat sehingga berpotensi mendorong Bryan Cristante ke lini belakang.

Seperti diketahui, meski berposisi natural gelandang tengah, musim lalu Bryan Cristante cukup sering dimainkan sebagai bek tengah (23 kali dari 48 laga), dan tampil cukup baik. Jumlah penampilannya sebagai bek tengah bahkan lebih banyak daripada total penampilan Smalling (21 laga).

Skema ini bisa saja diterapkan oleh Jose Mourinho musim depan. Keberadaan Cristante di belakang, ditambah bek muda berbakat seperti Gianluca Mancini, Roger Ibanez, hingga Marash Kumbulla akan membuat menit bermain Smalling makin menurun.

Apalagi, ia dan Mourinho memiliki relasi yang tak terlalu baik saat bekerja sama di Manchester United di masa lalu.

Bursa TransferArsenalJose MourinhoSerie A ItaliaAS RomaChris SmallingGranit XhakaAmadou DiawaraBerita Liga ItaliaBerita Bursa Transfer

Berita Terkini