x

Meski Kalah, Legenda Inter Milan Torehkan Rekor Istimewa di Euro 2020

Senin, 14 Juni 2021 03:51 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Coro Mountana
Legenda Inter Milan, Goran Pandev, berhasil menorehkan rekor sensasional di Euro 2020 meski gagal membawa Makedonia Utara meraih hasil positif kontra Austria.

INDOSPORT.COM – Legenda Inter Milan, Goran Pandev, berhasil menorehkan rekor sensasional meskipun gagal membawa Makedonia Utara meraih hasil positif kala bertemu Austria di laga pembuka Grup C Euro 2020, Minggu (13/06/21).

Dalam laga Austria vs Makedonia Utara ini, Pandev membuktikan jika usia bukanlah halangan untuk bisa tampil cemerlang. Pemain yang termasuk ke dalam skuad treble winner Inter Milan tahun 2010 ini secara istimewa berhasil mencatatkan namanya dalam sejarah persepakbolaan Makedonia Utara dan Eropa.

Baca Juga
Baca Juga

Di buku rekor Euro, namanya tercatat sebagai pencetak gol tertua kedua sepanjang sejarah penyelenggaraan turnamen akbar empat tahunan Eropa ini.

Berusia 37 tahun 321 hari, Pandev berhasil menjadi pemain tertua kedua yang bisa mencetak gol di gelaran Euro setelah Ivica Vastic memecahkan rekor sebagai pemain tertua sepanjang masa kala mencetak gol untuk Austria di Euro 2008 dalam laga kontra Polandia ketika usianya telah menginjak 38 tahun 257 hari.

Sementara bagi Makedonia Utara, nama Pandev akan selalu dikenang sebagai pemain yang berhasil mencetak gol perdana bagi negara pecahan Yugoslavia itu di turnamen mayor pertama mereka sepanjang sejarah.

Sesuatu yang sangat istimewa, mengingat usianya tak lagi muda. Lebih istimewa lagi mengingat skuad Makedonia Utara bukanlah skuad dengan materi pemain mewah yang bisa memberikan dukungan penuh untuk dirinya di lini depan.

Baca Juga
Baca Juga

Gol ini juga menandai karir panjang Pandev di level internasional bersama Makedonia Utara. Menjalani debut di usia 17 tahun pada 2001 silam, ia masih terus bermain dua dekade kemudian. Mencatatkan 120 caps dan mencetak gol perdana Makedonia di turnamen mayor pertama mereka sepanjang masa.


1. Legenda Hidup Makedonia Utara

Legenda Inter Milan, Goran Pandev, berhasil menorehkan rekor sensasional di Euro 2020 meski gagal membawa Makedonia Utara meraih hasil positif kontra Austria.

Goran Pandev adalah salah satu talenta terbesar yang pernah dilahirkan oleh negerinya Aleksander Agung itu. Sebagai talenta terbesar, Pandev juga hidup sebagai legenda sepakbola Makedonia Utara.

Jauh sebelum mencetak gol bersejarah Makedonia di Euro 2020, Pandev telah membuat Skopje penuh sesak oleh konvoi yang merayakan kelolosan negara Balkan itu ke turnamen bergengsi empat tahunan Eropa ini.

Ia sukses mencetak gol penentu kelolosan Makedonia Utara ke Euro 2020 di babak play-off Jumat (13/11/2020). Gol yang membuka jalan Makedonia untuk mencicipi gelaran Euro untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Gol yang membuat ia bisa gantung sepatu dengan tenang sekaligus gol yang membuat dirinya tak berakhir ke dalam deretan bintang dunia yang tidak pernah merasakan meriahnya gelaran turnamen mayor sepanjang karir sepak bola profesional.

Sampai tulisan ini selesai dibuat, Pandev telah tampil sebanyak 120 kali dan berhasil mencatatkan 38 gol bagi Makedonia Utara. Membuat dirinya tercatat sebagai pemegang caps terbanyak sekaligus top skor Makedonia sepanjang masa.

Inter MilanAustriaEuro 2020MakedoniaBola InternasionalGoran PandevEuforia Eropa

Berita Terkini