x

Tak Cuma Eks PSG, Newcastle United Juga Incar Eks Direktur Monaco dan Lille

Kamis, 14 Oktober 2021 19:56 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Luis Campos yang sukses bersama AS Monaco dan OSC Lille dirumorkan juga masuk dalam daftar kandidat direktur olahraga baru Newcastle United.

INDOSPORT.COM - Antero Henrique yang pernah bekerja untuk Paris Saint-Germain rupanya bukan satu-satunya calon direktur olahraga baru yang diminati oleh klub Liga Inggris, Newcastle United. The Magpies masih punya satu kandidat lain dalam diri Luis Campos.

Layaknya direktur olahraga top lain, kinerja Campos kerap kali luput dari perhatian pecinta sepak bola. Padahal ia adalah kunci kesuksesan AS Monaco dan OSC Lille dalam beberapa tahun terakhir.

Profesi direktur olahraga mulai ditekuni Campos pada 2014 lalu setelah sebelumnya pernah menjadi pemandu bakat (scout) Real Madrid dan manajer sejumlah tim gurem. Selama dua tahun ia mampu menyediakan Monaco pemain-pemain berbakat.

Baca Juga
Baca Juga

Sebut saja Kylian Mbappe, Thomas Lemar, Fabinho, Bernardo Silva, Benjamin Mendy, Tiemoue Bakayoko, James Rodriguez dan Anthony Martial. Hampir semuanya datang ke Stade Louis II sebagai pemain tanpa nama namun kemudian bisa dijual dengan harga sangat tinggi.

Hal yang sama juga dilakukan saat Campos pindah ke Stade Pierre Mauroy, markas Lille, pada 2017. Les Dogues yang saat itu tidak dibekali dengan ekonomi kuat dibantunya untuk mencari talenta-talenta yang berada di bawah radar.

Baca Juga
Baca Juga

Contohnya saja Gabriel Magalhaes, Nicolas pepe, dan Victor Osimhen. Sejumlah bintang terlupakan seperti Renato Sanches, Jose Fonte, dan Burak Yilmas pun didatangkanya untuk dipoles kembali agar bersinar seperti sedia kala.

Akan tetapi Campos tidak sekedar membantu klub yang mempekerjakannya mencari pundi-pundi uang namun juga meraih prestasi nyata. Tercatat hanya Monaco (2016/2017) dan Lille (2020/2021) yang bisa menjadi juara Ligue 1 Prancis memutus dominasi PSG dalam sembilan musim terakhir.


1. Pentingnya Direktur Olahraga

Keberadaan direktur olahraga membuat Newcastle United akan lebih selektif dalam membeli pemain baru.

Saat ini pria 57 tahun asal Portugal tersebut tengah menganggur karena per Desember 2020 lalu sudah berpisah jalan dengan Lille. Layaknya Henrique, ia akan sangat cocok untuk jadi kepala manajemen transfer baru untuk Newcastle.

Keberadaan seorang direktur olahraga memang sangat vital di dunia sepak bola modern. Dengan semakin langkanya seorang pelatih bertipe manajer yang punya dan bisa memiliki kekuasaan penuh dalam sebuah klub macam Sir Alex Ferguson dan Arsene Wenger, bantuan dari pihak ketiga untuk urusan transfer bisa jadi pembeda.

Newcastle United sadar akan problem tersebut dan ingin punya direktut yang piawai. Di tangan orang yang tepat, maka belanja pemain tidak harus menghabiskan banyak uang meski mereka kini adalah kesebelasan Liga Inggris paling tajir di dunia.

AS MonacoParis Saint-GermainNewcastle UnitedLilleLiga Inggris

Berita Terkini