x

Timo Scheunemann: Jangan Salahkan PSSI, Sepak Bola Milik Bersama

Senin, 29 November 2021 17:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih sepak bola asal Jerman, Timo Scheunemann.

INDOSPORT.COM - Pelatih sepak bola berdarah Jerman, Timo Scheunemann, meminta kepada publik agar jangan hanya menyalahkan PSSI jika ingin memajukan sepak bola dalam negeri.

Pasalnya, PSSI memiliki tugas tersendiri, yang sulit dijangkau oleh masyarakat. Maka, masyarakat sebaiknya memberikan kritik seperlunya saja pada federasi nasional.

Baca Juga
Baca Juga

Di sisi lain, masyarakat dapat melakukan tanggung jawabnya masing-masing, salah satunya yaitu dengan menyiapkan pelatih sekaligus program SSB yang berkualitas.

Selain itu, orang tua juga berperan penting untuk memberikan pengetahuan sepak bola sejak dini, agar anak semakin percaya diri saat sudah masuk SSB hingga akademi.

"Ini Indonesia kita bersama. Sepak bola itu tanggung jawab kita bersama. Jadi, jangan cuma tunjuk-tunjuk PSSI," ungkap Timo Scheunemann via Youtube GAN Channel.

"Itu urusan PSSI sendiri lah, sudah bagus dalam hal apa, negatif dalam hal apa, itu urusan mereka. Kita mau mengkritik juga buat apa, karena itu di luar ranah kita. Dan pada saat kita mengkritik orang, kita akhirnya tidak melakukan apa yang seharusnya kita lakukan," lanjutnya.

Baca Juga
Baca Juga

Masih menurut Timo Scheunemann, SSB tidak hanya harus menyiapkan pelatih dan program latihan yang berkualitas, tapi juga pertandingan yang digelar secara reguler.

"Yang seharusnya kita lakukan, pelatih SSB penting banget, pemain diarahkan orang tua dengan benar, SSB memberi program latihan berkualitas dan juga pertandingan," cetusnya.


1. Pesan untuk Pemain Muda

Kevin Scheunemann (kiri), Pieter Mandibodibo (kiri nomor dua), dan Timo Scheunemann (kanan nomor dua).

Lebih lanjut, Timo Scheunemann juga mengingatkan kepada para pemain sepak bola usia muda, agar seimbang antara bola dan pendidikan.

Pemain juga diharapkan berlatih mandiri di luar SSB. Selain itu, harus mementingkan nutrisi dan waktu istirahat dengan baik.

"Kemudian dari sisi pemain, oke, aku harus makan yang benar, aku harus tidur dengan baik, karena istirahat itu kan bagian dari latihan juga," tuntas Timo Scheunemann.

PSSIPelatihTimo ScheunemannLiga IndonesiaSekolah SepakbolaSepak Bola

Berita Terkini