x

Setelah Kakak Martial, Klub Malaysia Gaet Striker Laos Eks Ligue 1

Minggu, 23 Januari 2022 14:25 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto

INDOSPORT.COM - Usai kakak Anthony Martial, Johan Martial, kini giliran penyerang andalan Timnas Laos di Piala AFF 2020 lalu, Billy Ketkeophomphone, yang dilaporkan sudah resmi menjadi penggawa baru Sri Pahang FC. Kesebelasan asal Liga Super Malaysia tersebut mendatangkannya dengan status free agent usai habis kontrak bersama tim gurem Prancis, USL Dunkerque.

Walau sebelumnya belum pernah merumput di level klub Asia Tenggara, namun kedatangan Billy tetap disambut dengan meriah oleh pendukung Pahang. Mereka melihat sendiri bagaiamana kemampuan oke striker 31 tahun itu kala membela Laos di Piala AFF 2020.

Billy memang tidak bisa mencetak gol maupun assist untuk Laos di aja dua tahunan tersebut dan gagal membawa timnya lolos dari fase grup namun skill-nya cukup mencolok. Andai dimainkan bersama rekan-rekan yang lebih kompeten, ia bisa saja lebih produktif.

Baca Juga
Baca Juga

Lagipula Billy akan membawa banyak pengalaman langka ke Darul Makmur Stadium yang jadi markas Pahang. Pasalnya ia sempat berpetualang bersama sejumlah kesebelasan top Prancis yang jadi negara kelahirannya seperti Angers, Auxerre, dan Strasbourg.

Pahang sendiri dikabarkan sudah sepakat soal kontrak dengan Billy per 19 Januari lalu. Akan tetapi, belum ada pengumuman resmi yang dikeluaran oleh kedua pihak mengenai transfer ini.

Baca Juga
Baca Juga

Terlepas dari hal itu, kedatangan Billy adalah bentuk keseriusan Pahang dalam menyongsong musim 2022. Musim lalu tim berjuluk Tok Gajah itu nyaris terdegradasi dari kasta teratas walau pada 2017 dan 2019 masih bisa bersaing sebagai runner-up.

Sampai tulisan ini dibuat, Pahang sudah mendatangkan sepuluh awak baru dengan tiga di antaranya adalah legiun asing. Manajer Dollah Salleh tampaknya ingin agar skuatnya kental nuansa Prancis karena selain Billy ada dua pemain lain asal negeri baguette.


1. Rekrut Kakak Martial

Anthony Martial, pemain Manchester United

Yang pertama adalah kiper tim nasional Mali kelahiran Prancis, Mamadou Samassa (31). Stopper setinggi 198 cm itu digaet secara gratis dari tim Yunani, APO Levadiakos, setelah sebelumnya sempat bernaung bersama Sivasspor (Turki), dan Troyes (Prancis).

Yang kedua adalah Johan Martial (30), yang merupakan kakak kandung dari penyerang Manchester United yakni Anthony Martial. Martial juga pemain cuma-cuma karena statusnya adalah tanpa klub sejak sang bek sentral eks timnas Prancis junior itu putus kontrak dengan FC Sochaux yang berkiprah di Ligue 2.

LaosPahang FALiga Super MalaysiaBola InternasionalLigue 1

Berita Terkini