x

3 Pemain Timnas Indonesia yang Tampil Gemilang Lawan Timor Leste

Jumat, 28 Januari 2022 18:34 WIB
Editor: Juni Adi
Skuat Timnas Indonesia pada laga saat melawan Timor Leste di laga ujicoba, dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Kamis (27/01/22). Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Tiga pemain Timnas Indonesia tampil gemilang saat membungkam Timor Leste. Siapa saja mereka?

Timnas Indonesia sukses meraih kemenangan telak 4-1 kala berhadapan dengan Timor Leste dalam pertandingan uji coba beragenda FIFA, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/01/22) malam WIB.

Timor Leste tanpa diduga mampu unggul lebih dahulu melalui gol Paulo Freitas di menit ke-35. Sontekan gantungannya tak mampu dari sudut sempit tak mampu dijangkau oleh Syahrul Fadil.

Keunggulan 0-1 Timor Leste mampu dipetahankannya hingga turun minum, meski sejumlah peluang diciptakan oleh anak asuh Shin Tae-yong. 

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia mulai bangkit. Di awali oleh gol Ricky Kambuaya menit ke-65. Skor 1-1 kemudian berubah lagi, setelah Pratama Arhan mencetak gol dari titik putih menit ke-73.

Baca Juga
Baca Juga

Timnas Indonesia berbalik memimpin menjadi 2-1. 10 menit jelang pertandingan berakhir, gawang Timor Leste harus kembali kebobolan dua gol lagi melalui proses bunuh diri. 

Masing-masing dari gol bunuh diri kiper Alexandro Mendoca menit ke-77, dan gol Filomeno menit ke-80. Skor 4-1 untuk keunggulan Timnas Indonesia bertahan hingga laga tuntas. 

Usai pertandingan, tiga pemain ini banyak disorot publik lantaran performanya yang apik. Siapa saja mereka?


1. 1. Ricky Kambuaya

Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan saat merayakan gol ke gawang Timor Leste di laga ujicoba dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/01/22). Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Ricky Kambuaya tampil trengginas di lini tengah Timnas Indonesia. Sejak dipercaya menjadi jenderal lapangan tengah oleh Shin Tae-yong dirinya selalu membayar dengan penampilan apik.

Kali ini penampilan tersebut ditunjukannya saat Timnas Indonesia melawan Timor Leste. Ia menjadi pemain yang memecah kebuntuan untuk Skuad Garuda sekaligus menyamakan skor jadi 1-1.

Pada menit ke-65. Gelandang milik Persebaya Surabaya ini mencetak gol spektakuler, memanfaatkan umpan dari Ronaldo Kwateh tembakannya dari luar kotak penalti tak bisa dijangkau kiper lawan.

Gol ini amat penting bagi para pemain Timnas Indonesia dalam membangkitkan mental untuk memetik kemenangan. 

Baca Juga
Baca Juga

2. Pratama Arhan

Nama Pratama Arhan kembali mencuri perhatian bersama Timnas Indonesia. Setelah tampil gemilang di Piala AFF 2020 lalu, kini pemain milik PSIS Semarang itu menunjukannya kembali saat mengalahkan Timor Leste.

Di 45 menit babak pertama, Pratama menjadi pembeda. Determinasinya dalam membantu serangan dan menjaga lini pertahanan patut diacungi jempol.

Puncaknya ketika di babak kedua. Kualitasnya terlihat, saat ia menyumbang gol melalui titik putih untuk membalikan keadaan jadi 2-1.

Namanya semakin dibincangi oleh publik, ketika lemparan kedalamnya jauh menuju kotak penalti dan berbuah gol lantaran kiper Timor Leste tak bisa menghalaunya.

Dengan kecerdikannya, dia mampu menjadi juru selamat dan memanfaatkan kesempatan untuk membuat timnya berpesta pada awal 2022 ini.

3. Ronaldo Kwateh

Sorotan tajam diberikan kepada wonderkid Liga 1, Ronaldo Kwateh. Di usianya yang masih sangat muda, ia diberi kesempatan oleh pelatih Shin Tae-yong untuk tampil bersama Timnas Indonesia senior melawan Timor Leste.

Penggawa Madura United ini masuk menggantikan Ramai Rumakiek, sekaligus mencatatkan rekor jadi pemain debutan termuda di Timnas Indonesia dengan usia 17 tahun, 3 bulan, 8 hari. 

Kendati masih muda dan minim pengalaman, tidak membuat Ronaldo Kwateh kehilangan kepercayaan diri. Ia justru tampil sangat bagus, dengan sumbangan satu assist.

Timor LesteTimnas IndonesiaBola InternasionalPratama ArhanRonaldo KwatehRicky Kambuaya

Berita Terkini