x

Mengenal Brandon Borrello, Bintang Liga Jerman Calon Pengganti Tom Rogic untuk Persija

Minggu, 26 Juni 2022 21:14 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Profil singkat serta statisik permainan Brandon Borrello, sang bintang Liga Jerman yang bakal jadi pengganti Tom Rogic sebagai mesin gol anyar Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Mengenal profil singkat serta statisik permainan Brandon Borrello, sang bintang Liga Jerman yang bakal jadi pengganti Tom Rogic sebagai mesin gol anyar Persija Jakarta musim depan.

Jelang bergulirnya Liga 1 musim depan, Persija Jakarta memang sempat dikabarkan bakal memboyong Tom Rogic sebagai amunisi tambahan baru skuat Macan Kemayoran.

Baca Juga

Dilansir dari laman The Scottish Sun, Tom Rogic disebutkan tidak mau memperpanjang masa kontraknya bersama klub Liga Skotlandia, Celtic, karena ingin mencari tantangan baru.

Keputusannya untuk tidak lagi berseragam Celtic membuat pemain berusia 29 tahun itu menjadi incaran beberapa klub termasuk salah satunya Persija Jakarta.

Sayangnya, keinginan Macan Kemayoran sepertinya bertepuk sebelah tangan. Masih dari laporan The Scottish Sun, Tom Rogic masih belum mau untuk bergabung dengan klub asal Jakarta itu.

Baca Juga

Persija sendiri sebelumnya sudah berhasil merekrut pemain asal Slavia Praha, Ondrej Kudela dan Michael Krmencik.

Meski keberhasilan Persija tersebut dikatakan dapat menarik perhatian Tom Rogic, tetapi nyatanya Rogic tetap memilih untuk menolak pindah ke Persija dan sedang berusaha mencari klub lain.

Kegagalan merekrut Tom Rogic tampaknya tak membuat Persija tinggal diam. Persija kemudian berusaha untuk merekrut pemain Timnas Australia yang lain, Brandon Borello.

Baca Juga

Kesempatan merekrut Brandon Borello dapat dikatakan masih terbuka lebar.

Hal tersebut mengingat kontrak Borello dengan klub divisi dua Liga Jerman, 2. Bundesliga, Dynamo Dresden, berakhir akhir bulan ini.

Bagi The Jakmania sosok Borello masih merupakan sosok yang asing mengingat Borello sendiri belum pernah mencicipi kompetisi Liga di Tanah Air.


1. Jebolan Liga Jerman

Tom Rogic, bintang Celtic yang segera merapat ke Persija Jakarta. Foto: Instagram@tomrogic18

Meski belum pernah rasakan kompetisi Liga Indonesia, namun peman berusia 26 tahun tersebut punya pengalaman main di Eropa yang cukup banyak dan bakal jadi nilai lebih buat Persija.

Setelah catatkan empat musim yang gemilang di Liga Australia, langkah berani dilakukan Brandon Borrello dengan hengkang dari Brisbane Roar menuju klub Liga Jerman, 1. FC Kaiserslautern.

Baca Juga

Sebagai informasi, sebelum memulai karier di Eropa prestasi Brandon Borrello terbilang luar biasa dengan menorehkan 20 gol dari 91 pertandingan buat Brisbane Roar.

Selain itu, Brandon Borrello juga berhasil membawa Brisbane Roar meraih gelar A-League Premiership pada musim 2013/14 silam.

Di musim yang sama pula, Brandon Borrello mampu memenangkan penghargaan Y-League BRFC Player of the Year atau pemain terbaik di kompetisi muda Liga Australia.

Baca Juga

Hengkang ke 1. FC Kaiserslautern yang saat itu mentas di ajang 2. Bundesliga atau kasta kedua Liga Jerman, kemampuan Brandon Borrello langsung menarik perhatian pelatih dan mempercayakannya sepanjang musim.

Total dalam musim debutnya di Liga Jerman, Brandon Borrello mampu tampil sebanyak 22 pertandingan dengan torehan 3 gol serta memberikan 8 assists di semua kompetisi.

Berkat catatan gemilang tersebut, Brandon Borrello berhasil menarik perhatian klub Bundesliga, SC Freiburg, dan langsung memboyongnya pada musim 2018/19.

Baca Juga

Kesulitan mendapat menit bermain, Brandon Borrello akhirnya lebih sering tampil untuk tim kedua sepanjang musim 2018/19 dan baru bisa debut di skuat utama pada tahun berikutnya.

Total selama memperkuat SC Freiburg, Brandon Borrello hanya bisa cantata 7 pertandingan di ajang Bundesliga serta satu caps di DFB-Pokal.


2. Mimpi Buruk Timnas Indonesia

Klub Liga 1, Persija Jakarta, resmi memperkenalkan Thomas Doll sebagai pelatih anyar baru.

Minimnya jam terbang, membuat Brandon Borrello kembali hengkang ke klub 2. Bundesliga. Kali ini giliran Fortuna Düsseldorf yang sukses dapatkan tanda tangannya pada musim 20/21.

Tampaknya di kompetisi kasta kedua Liga Jerman ini bakat Brandon Borrello bisa bersinar. Terbukti, dirinya mampu bermain dalam 22 pertandingan di semua kompetisi dengan torehan satu gol serta satu assists.

Baca Juga

Meski cukup vital dalam skuat, namun Brandon Borrello putuskan untuk hengkang dari Fortuna Düsseldorf dan memperkuat Dynamo Dresden yang juga sama-sama tampil di 2. Bundesliga.

Bersama The Dynamo, pemain kelahiran Adelaide tersebut sempat absen cukup lama akibat cedera dan hanya bisa bermain dalam 18 pertandingan di semua kompetisi.

Selain rekam jejak di kompetisi Eropa yang cukup mentereng, Brandon Borrello ternyata juga sempat berhadapan dengan para penggawa Timnas Indonesia.

Tepatnya dalam babak kualifikasi Grup B Piala AFC U 19 pada tahun 2014 silam. Saat itu, Brandon Borrello jadi bagian skuat Australia U-19 saat hadapi Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafrie.

Di pertandingan tersebut, Brandon Borrello yang turun sebagai starter berhasil membantu Australia menang tipis dengan skor 1-0 lewat gol semata wayang Jaushua Sotirio menit ke-65’.

Bundesliga JermanPersija JakartaLiga JermanLiga 1profilBerita Liga JermanBerita Liga 1

Berita Terkini