x

3 Pemain Penting Barcelona yang Alami Cedera Serius di Jeda Internasional, Real Madrid Auto Full Senyum!

Senin, 26 September 2022 15:26 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pertandingan Real Madrid vs Barcelona, Minggu (24/07/22). Foto: Stephen R. Sylvanie-USA TODAY Sports.

INDOSPORT. COM - Barcelona, klub Liga Spanyol (La Liga), baru-baru ini harus mendapati sejumlah pemain pentingnya mengalami cedera cukup parah di momen jeda internasional.

Pentas sepak bola Eropa kini memang memasuki fase jeda internasional kalender FIFA. Para klub top Benua Biru pun harus merelakan beberapa pemain andalannya untuk menjalani tugas membela negara masing-masing.

Namun, keberadaan jeda internasional yang sekarang, tampak tidak bersahabat bagi klub raksasa Liga Spanyol, Barcelona. Penyebabnya tentu saja dipengaruhi faktor badai cedera.

Baca Juga

Sejauh ini, sudah ada empat nama pemain bintang Barcelona yang menjadi tumbal. Keempat nama tersebut tiba-tiba pulang lebih cepat ke Catalan akibat menderita cedera serius.

Miris buat Barca, lantaran tiga dari empat pemain yang cedera, merupakan pilar penting tim di awal musim 2022/23. Situasi demikian tentu merugikan Blaugrana dalam upaya melanjutkan persaingan di papan atas Liga Spanyol nantinya.

Posisi Barca sebelum jeda internasional sebenarnya cukup bagus, menempati urutan dua klasemen sementara. Barca tertinggal dua poin dari tim pemuncak, yakni rival abadi mereka, Real Madrid.

Kubu Real Madrid rasanya akan auto full senyum mengetahui kondisi pemain-pemain Barcelona yang cedera di jeda internasional. Terlebih, penggawa Los Blancos sampai sekarang tidak ada yang bernasib buruk, alias terbebas dari badai cedera.

INDOSPORT pun coba merangkum siapa-siapa saja tiga pemain penting Barcelona yang mengalami cedera serius di jeda internasional. Simak ulasan lengkapnya berikut!


1. 1. Frenkie de Jong

Pemain Barcelona, Frenkie De Jong, saat dikawal ketat pemain Victoria Plzen di Liga Champions.

Frenkie de Jong baru-baru ini memenuhi panggilan Timnas Belanda di fase jeda internasional. Ia pun tampil sebagai starter dalam laga UEFA Nations League A Grup 4 kontra Polandia, 22 September 2022 kemarin.

Namun, De Jong tidak dimainkan secara penuh oleh pelatih Belanda, Louis van Gaal. Pasca turun minum, ditarik keluar dan digantikan dengan rekan senegaranya, Marten de Roon.

Berdasarkan data Transfermarkt, pergantian De Jong dituliskan demi keperluan perubahan taktik Van Gaal. Namun belakangan diketahui, bahwa De Jong terpaksa diganti karena mengalami masalah di kakinya.

Setelah diperiksa tim dokter, De Jong ternyata mengalami cedera otot kaki serius. Ia pun harus menjalani perawatan dan diperkirakan bakal absen hingga 30 September 2022.

De Jong sendiri memang merupakan pilar andalan Barcelona di lini tengah. Awal musim 2022/23 berjalan, ia sudah main delapan kali dan mencetak satu buah assists.

Peran De Jong terlihat krusial dalam dua laga terakhir Barca di pentas Liga Spanyol. Laga pekan ke-5 dan pekan ke-6 (lawan Cadiz dan Elche), ia selalu menjadi starter sekaligus bermain penuh 90 menit. 

Hasilnya, De Jong secara beruntun mampu mengantarkan tim meraih kemenangan. Bahkan dalam laga pekan ke-5, ia menyumbangkan assists untuk salah satu gol Blaugrana.

Baca Juga

2. Ronald Araujo

Ronald Araujo, pemain muda Barcelona.

Ronald Araujo baru-baru ini pamit dari skuat Barcelona untuk membela negaranya, Uruguay, di fase jeda internasional. Namun, nasib sial kini justru dialami sang pemain.

Menjalani laga persahabatan internasional kontra Iran pada 23 September 2022 kemarin, Araujo tampil sebagai starter mengisi lini belakang Uruguay. Laga baru berjalan lima menit, ia sudah ditarik keluar akibat mengalami cedera.

Hasil pemeriksaan tim dokter lantas menemukan bahwa otot kaki Araujo didera cedera serius. Ia pun akhirnya dinyatakan harus absen guna proses penyembuhan, setidaknya sampai 15 Oktober 2022 mendatang.

Araujo sendiri memang merupakan pemain penting bagi skuat Barcelona. Sejak musim lalu, ia selalu tampil gemilang menjadi pilar andalan Barca mengawal barisan pertahanan.

Awal musim 2022/23 berjalan, Araujo selalu tampil sejak menit awal buat Barca di pentas Liga Spanyol. Cederanya Araujo sekarang, jelas membuat Blaugrana merugi karena akan kehilangan salah satu pilar andalannya.


2. 3. Jules Kounde

Jules Kounde, pemain anyar Barcelona. Foto: REUTERS/Albert Gea

Jules Kounde, bek milik Barcelona, tampil mengisi lini belakang Prancis dalam laga Grup A UEFA Nations League kontra Austria, 23 September 2022 kemarin.

Diturunkan sebagai strater, keberadaan Kounde di lapangan ternyata tak bertahan lama, hanya 23 menit saja.

Pemain berusia 23 tahun itu tiba-tiba duduk lemas di tengah lapangan akibat menahan sakit pada bagian kakinya.

Baca Juga

Kounde pun segera ditarik keluar lapangan oleh pelatih Didier Deschamps, dan digantikan rekan setimnya, William Saliba.

Setelag menjalani pemeriksaan intensif, Kounde dinyatakan mengalami masalah serius pada bagian otot kakinya.

Sang pemain pun akhirnya dinyatakan harus absen guna proses penyembuhan, tapi belum diketahui pasti sampai kapan.

Situasi demikian jelas akan sangat merugikan Barcelona yang sangat bergantung kepada Kounde di barisan pertahanan.

Selaku penggawa anyar yang didatangkan pada bursa transfer musim panas 2022, Kounde langsung menjadi pilar andalan Blaugrana.

Ia sudah tampil dalam tiga laga Liga Spanyol buat Barca, yang mana kesemuanya berujung kemenangan dan bahkan tidak kebobolan sama sekali.

Selain ketiga nama barusan, ada satu pemain Barcelona lagi yang mengalami cedera di jeda internasional, yaitu Memphis Depay.

Namun peran Depay bukanlah pemain penting di Barcelona, sehingga klub rasanya tidak akan terlalu merugi dengan kehilangan bomber asal Belanda tersebut.

Real MadridBarcelonaLiga Spanyol

Berita Terkini