x

Asisten Shin Tae-yong Asal Eropa Mengundurkan Diri dari Timnas Indonesia

Minggu, 2 Oktober 2022 06:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong saat preskon usai pertandingan.

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Dzenan Radoncic secara resmi mengundurkan diri dari staf kepelatihan. Dia memilih kembali ke negaranya, Montenegro, karena ibunya sakit keras.

Dzenan ingin mendampingi ibunya yang telah lama ditinggalkan karena berkelana saat menjadi pemain dan kini asisten pelatih. Hal itu sudah disetujui pelatih kepala, Shin Tae-yong

Baca Juga

Menurut keterangan Indra Sjafri selaku direktur teknik PSSI, Dzenan Radoncic kini telah tiba di kampung halamannya. 

Dengan mundurnya Dzenan, bisa dipastikan Shin Tae-yong membutuhkan asisten pelatih baru. Namun, sejauh ini belum diputuskan.

"Radon saat ini sudah sampai di Montenegro. Siapa penggantinya itu terserah Shin Tae-yong,” ujar Indra Sjafri dalam rilis PSSI. 

Baca Juga

Indra Sjafri menjelaskan, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan sudah mengetahui situasi yang ada. Iwan Bule (sapaan Iriawan) pun mengembalikan ke Shin Tae-yong untuk mencari pengganti yang sesuai dengan kebutuhan tim.

Sebagai informasi, Dzenan Radoncic datang ke Indonesia pada Agustus tahun lalu. Dia diminta langsung oleh Shin Tae-yong untuk jadi staf pelatih karena keduanya pernah bekerja sama saat masih di Liga Korea Selatan.


1. Tertarik Berkarier Bersama Timnas Indonesia

Tiga asisten pelatih yakni Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, dan Dzenan Radoncic sudah bergabung di Thailand bersama timnas Indonesia mulai Senin (4/5)

Dzenan juga mengaku tertarik berkarir bersama skuat Garuda karena ingin menjajal level yang lebih tinggi. Pemilik lisensi A UEFA itu yakin bisa membantu Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023.

"Saya seorang pelatih dan setiap pelatih pasti ingin bekerja di level yang tinggi. Jadi saya pikir ini kesempatan bagus bagi saya untuk meningkatkan skill dan membantu timnas jadi lebih baik dan saya harap bisa ke Piala Asia," tutur Dzenan ke INDOSPORT.

Baca Juga

Dzenan pun mampu memenuhi targetnya yakni membantu Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Tak hanya tim senior, Timnas U-19 juga dibawanya ke Piala Asia U-20 2023. 

Ini jadi kali kedua Shin Tae-yong ditinggal asistennya. Tahun lalu, tiga asisten pelatih Timnas Indonesia yakni Kim Hae-woon, Lee Jae-hong, dan Kim Woo-jae juga mengundurkan diri. 

Baca Juga

Ketiganya tidak melanjutkan kerja sama dengan pelatih kepala, Shin Tae-yong karena alasan pandemi yang masih tinggi di Indonesia. 

Dengan kepergian Dzenan Radoncic, Shin Tae-yong harus bergerak cepat cari penggantinya. Pasalnya, sejumlah agenda padat sudah menanti yakni Piala AFF 2022, SEA Games 2023 serta Piala Asia U-20 dan senior. 


2. 3 Pelatih yang Layak Gantikan Shin Tae-yong di SEA Games 2023

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.

Berikut tiga pelatih yang layak menggantikan Shin Tae-yong untuk mengasuh Timnas Indonesia U-23 di ajang bergengsi SEA Games 2023 di Kamboja.

Seperti diketahui, PSSI melalui ketua umum yaitu Mochamad Iriawan alias Iwan Bule berencana mencari pengganti Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23.

Baca selengkapnya: PSSI Cari Pengganti Shin Tae-yong, Ini 3 Pelatih yang Layak Asuh Timnas Indonesia di SEA Games 2023

PSSIIndra SjafriTimnas IndonesiaBola InternasionalMochamad IriawanShin Tae-yongDzenan Radoncic

Berita Terkini