x

Bobol Gawang Guam 14 Kali Tanpa Selebrasi, Timnas Indonesia U-17 Disanjung Netizen

Selasa, 4 Oktober 2022 10:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Timnas Indonesia U-17 dapat pujian dari netizen saat tidak berselebrasi usai membobol gawang Guam selusin lebih di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (Foto: Herry Ibrahim)

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia U-17 disanjung netizen saat tidak berselebrasi usai membobol gawang Guam selusin lebih di matchday perdana Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Senin (3/10/22) malam WIB.

Timnas Indonesia U-17 baru saja mengawali kiprahnya di babak penyisihan grup B Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan kemenangan telak menghadapi Guam.

Baca Juga

Tak tanggung-tanggung, pasukan Bima Sakti tersebut mencetak 14 gol tanpa balas ke gawang Guam di pertandingan yang digelar di Stadion Pakansari, Bogor, tersebut.

Di babak pertama, timnas Indonesia sukses membobol gawang Guam  tujuh gol. Sedangkan di babak kedua, Garuda Nusantara menambah tujuh lagi ke gawang lawan.

Ada pun, striker Arkhan Kaka sukses memborong empat gol atau quattrick, masing-masing pada menit ke- 8, 10, 25, dan 34.

Baca Juga

Sementara 10 gol lain disumbangkan Narendra Tegar (26'), Afrisal (31'), Zaky (44') dan Jehan (47'), M Ghozirowi (58'), Habil Abdillah (79'), Figo Dennis (84') penalti Nabil Asyura (87'), Ji Da Bin (90'), plus gol bunuh diri pemain Guam, (46').

Namun, kemenangan yang diraih timnas Indonesia U-17 terasa hampa lantaran pertandingan ini terpaksa digelar tanpa dihadiri penonton.

Bukan hanya itu, timnas Indonesia U-17 memetik kemenangan besar di tengah duka di kancah sepak bola menyusul tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 125 orang pada akhir pekan lalu.

Baca Juga

Rasa duka pun masih dirasakan para pemain Timnas Indonesia. Hal ini terlihat dalam video cuplikan gol di laga Indonesia vs Guam yang diunggah akun resmi PSSI di Instagram

Para penggawa Timnas Indonesia tidak melakukan selebrasi berlebihan setelah berkali-kali membobol gawang Guam.

Selebrasi yang mereka lakukan hanyalah berlari kecil, sujud syukur, menunjuk jari ke atas langit, dan tos singkat dengan sesama rekan setim.


1. Respek Netizen Usai Tak Selebrasi

Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka Putra Purwanto.

Beberapa pemain Timnas Indonesia juga terlihat memasang muka datar, tanpa ekspresi kebahagiaan meski timnya mampu menggasak Guam lebih dari selusin gol.

Pemandangan ini membuat netizen ikut bersimpati dan menaruh respek. Mereka ikut merasakan duka yang kini juga dirasakan para pemain Timnas Indonesia U-17.

Baca Juga

@gagasirhm: “KEMENANGAN TERASA HAMBAR.”

@iwan_mbois: “Tak ada selebrasi berlebihan di kemenangan yg besar ini. Respect.”

@agusayoer: “Mantaaapp.. Tapi LAPANGAN gak enak dipandang.”

@13_susann: “Tanpa selebrasi, respect banget.”

@rizalulmuslim91: “Serasa hampa nonton sepakbola juga.”

@izal_mboing: “Menolak selebrasi mengingat menghormati tragedi kanjuruhan.”

@ronlyrev89: “Bangga di tengah-tengah kesedihan.”

@kabarkabur_kubur: “Bangga tapi tak bahagia.... Hampa!!.”

@chrisnugraha42: “mau timnas ngebantai 100-0 pun tetap masih berasa dukanya.”

Baca Juga

Sebelumnya, Arkhan Kaka, usai pertandingan Timnas Indonesia vs Guam, juga menjelaskan bahwa dia dan rekan-rekannya sudah berjanji tidak akan merayakan gol dengan cara berlebihan demi menghormati Tragedi Kanjuruhan .

“Untuk selebrasi, coach Bima dan pelatih lainnya sudah janjian karena sedang berduka jadi kami selebrasi sewajarnya saja. Untuk menghormati korban (Tragedi Kanjuruhan) dan berterima kasih kepada Tuhan yang memberi kemenangan,” kata Arkhan dalam konferensi pers.

Seperti diketahui, tragedi ‘berdarah’ ini terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang yang mempertemukan Arema FC menjamu Persebaya Surabaya pada Sabtu (01/10/22) kemarin.

Baca Juga

Laga yang berkesudahan untuk kemenangan Persebaya Surabaya 3-2 ini berakhir ricuh antara suporter Arema FC dengan pihak keamanan.

Gas air mata ditembakkan ke arah tribun jadi penyebab utama jatuhnya korban jiwa sebanyak 125 orang meninggal dunia.


2. Jadwal Timnas Indonesia U-17 vs Uni Emirat Arab

Pertandingan antara Guam vs Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim)

Selanjutnya, Timnas Indonesia U-17 akan menghadapi tim berat, yakni Uni Emirat Arab di laga kedua Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 dijadwalkan digelar di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (05/10/22) pukul 20.00 WIB.

Uni Emirate Arab, pada laga perdana Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 hari Sabtu (01/10/22), juga berhasil membenamkan Guam dengan skor 9-0.

Sedangkan di laga kedua yang berlangsung Selasa kemarin, UAE juga kembali memetik kemenangan 4-3 atas Palestina.

Dua kemenangan ini mengantarkan Uni Emirat Arab menduduki posisi  puncak klasemen dengan 6 poin, dengan Timnas Indonesia U-17 menyusul di belakangnya dengan 3 poin.

Melihat catatan tersebut, ini akan menjadi ujian yang berat bagi Timnas Indonesia U-17 memetik kemenangan kedua, sekaligus berpeluang menggusur UEA dari posisi puncak.

Baca selengkapnya: Jadwal Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab: Ujian Berat!

KanjuruhanTimnas IndonesiaBola InternasionalStadion KanjuruhanBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia U-17Timnas Indonesia U-17GuamArkhan Kaka

Berita Terkini