x

Proses Pemanggilan Rafael Struick dan Zico Soree ke Timnas U-20, Rela Rapat Dini Hari

Senin, 21 November 2022 16:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia U-20 atas gol yang dicetak Rafael Struick ke gawang slovakia U-20. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Dua pemain keturunan Indonesia, Rafael Struick dan Zico Soree ikut diturunkan saat Timnas Indonesia U-20 melawan Slovakia U-20 di laga uji coba, Sabtu (19/11/22) lalu di Pinatar Arena, Spanyol. Keduanya adalah nama baru calon naturalisasi. 

Pada laga dua hari lalu, Timnas Indonesia U-20 harus mengakui keunggulan Slovakia U-20 dengan skor 1-2. Tapi penampilan kedua pemain baru itu mencuri perhatian. Bahkan, Rafael berhasil mencetak gol di laga debutnya.

Pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong langsung memainkan Rafael dan Zico, meski keduanya baru ikut dalam rangkaian pemusatan latihan (TC) pada Kamis, 17 November lalu.

Keduanya merupakan rekomendasi langsung dari Shin Tae-yong. Juru taktik 52 tahun itu meminta ke Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan agar mendatangkan Rafael dan Zico.

Begitu dapat permintaan, Ketum PSSI langsung meminta utusan PSSI, Hamdan Hamedan untuk menghubungi Rafael dan Zico. Itu karena Timnas U-20 butuh penyerang guna menambah komposisi pemain di lini depan.

Baca Juga

“Jadi hari Sabtu (12 November 2022) pelatih Shin meminta kepada Ketum untuk mendatangkan dua pemain tambahan untuk trial. Lalu Ketum memerintahkan saya untuk mengakomodasi permintaan tersebut secepatnya," tutur Hamdan.

"Saya meeting dengan Zico Sabtu malam dan dia langsung berkenan. Sementara meeting dengan Rafael dan keluarganya dilakukan hari Selasa (15 November) jam 1 malam. Dia pun siap ikut trial,” imbuhnya.

Baca Juga

Menurut Hamdan, tidak ada kendala besar untuk memanggil kedua pemain itu. Keduanya datang sesuai kebutuhan tim pelatih.

Alhamdulillah, semua proses yang kami lakukan berdasarkan perintah Ketum berjalan cepat. Dari Sabtu mereka diminta pelatih Shin, lima hari kemudian yaitu hari kamis keduanya sudah ada di Spanyol dan langsung berlatih,” sambungnya.

Baca Juga

1. Serasa Mimpi

Aksi Zico Soree pada pertandingan Uji coba Timnas Indonesia U-20 vs slovakia U-20. (Foto: PSSI)

Sementara itu, Rafael yang mencetak gol Timnas U-20 mengaku bangga. Dia tak menyangka bisa langsung 'nyetel' dengan permainan tim Garuda Nusantara.

"Saya sangat bangga bisa bermain untuk Indonesia, terima kasih. Saya merasa bangga bisa mencetak gol untuk negara yang luar biasa ini," ujar Rafael.

Sedangkan bagi Zico, panggilan ke Timnas U-20 merupakan sebuah kehormatan. Meski tidak senang dengan kekalahan di laga debut, dia tetap bangga pakai jersey Garuda.

Baca Juga

"Luar biasa, ini adalah sebuah kehormatan dan rasanya seperti mimpi jadi kenyataan [bisa bermain untuk Indonesia]. Tentunya saya enggak suka dengan hasil kalah, tapi saya merasa bersyukur," ucap Zico.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengapresiasi kerja keras Rafael dan Zico. Dia berharap ada banyak pelajaran positif dari TC di Spanyol.

Baca Juga

"Kami berharap pemusatan latihan selama di Eropa (Turki-Spanyol) dimanfaatkan dengan baik oleh tim U-20 Indonesia. Untuk calon pemain naturalisasi juga tampil cukup baik di uji coba ini," tambahnya.

Sebelum hadirnya Rafael Struick dan Zico Soree, Timnas U-20 terlebih dahulu kedatangan dua pemain keturunan lain yakni Justin Hubner dan Ivar Jenner. Dua nama terakhir bahkan sudah jalani proses naturalisasi. 

Baca Juga
SpanyolBola InternasionalPiala Dunia U-20 2023Shin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Rafael William StruickZico Soree

Berita Terkini