x

Percaya Shin Tae-yong, Top Skor Piala AFF 2008 Beri Wejangan Penting untuk Timnas Indonesia

Sabtu, 26 November 2022 19:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Dua legenda Timnas Indonesia, Budi Sudarsono dan Ilham Jayakusuma pada acara Trophy Tour Piala AFF di Jakarta, Sabtu (26/11/22).

INDOSPORT.COM - Eks striker Timnas Indonesia, Budi Sudarsono mendoakan skuad Garuda bisa juara Piala AFF 2022. Indonesia belum sekalipun angkat trofi selama kejuaraan dua tahunan itu digelar sejak 1996. 

Timnas Indonesia sudah enam kali masuk final Piala AFF, tapi tak sekalipun jadi juara. Tim Merah Putih mentok jadi runner up pada 2000, 2002, 2004, 2010, 2016 dan 2020.

Setelah Piala AFF berganti sponsor baru yakni Mitsubishi pada tahun ini, Budi Sudarsono berharap keberuntungan berpihak ke Timnas Indonesia. Pada titel Tiger dan Suzuki, tim Garuda selalu apes.

"Kayaknya waktunya (juara), kayaknya. Mudah mudahan saja, kita doakan juara karena sudah lama banget kan kita menunggu," kata Budi yang jadi topskor Piala AFF 2008 itu.

Pada Piala AFF 2022, Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Baca Juga

Menurut Budi, semua lawan harus diwaspadai oleh Timnas Indonesia. Semua negara di Asia Tenggara kekuatannya hampir merata saat ini. 

Tim asuhan Shin Tae-yong tidak boleh anggap remeh lawan. Fokus dan konsentrasi adalah harga mati jika ingin bawa pulang trofi Piala AFF untuk pertama kali.

Baca Juga

"Kalau menurut saya tetap konsentrasi karena setiap pertandingan pasti berat,  gitu saja. Yang penting step by step, satu lewat baru satu lagi, pasti bisa," tutur eks striker Persik Kediri itu.

Budi Sudarsono juga optimis dengan 28 nama yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong. Dia melihat pemain yang diberi kesempatan adalah yang sedang top perform di klubnya masing-masing.

Baca Juga

1. Pemain Muda

Legenda Timnas Indonesia, Budi Sudarsono pada acara Trophy Tour Piala AFF di Jakarta, Sabtu (26/11/22).

Dari 28 nama yang sudah dirilis, tidak ada perubahan besar dari skuad Piala AFF 2022 atau terakhir yang bermain di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sejauh ini, hanya ada tambahan dua pemain naturalisasi yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh. Lalu ada pemain muda seperti Marselino Ferdinan, Muhammad Ferrari dan Dzaky Asraf.

Baca Juga

"Menurut saya sangat baguslah karena kan Shin Tae-yong memang senang pemain muda, terus juga gemblengannya luar biasa. Kita yakin saja lah, kita doakan saja," tuntas Si Ular Piton, julukan Budi Sudarsono.

Piala AFF 2022 akan dimainkan mulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Karenanya, Shin Tae-yong akan mulai memimpin pemusatan latihan pada 28 November nanti di Bali.

Baca Juga

Pada Piala AFF sebelumnya, Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong hanya tempati peringkat kedua. Skuad Garuda gagal jadi juara setelah kalah agregat dari Thailand dengan skor 2-6.

Indonesia akan dua kali tampil sebagai ruan rumah pada babak penyisihan grup Piala AFF 2022 yakni melawan Kamboja pada 23 Desember dan menjamu Thailand pada 29 Desember 2022. 

Baca Juga
PSSITimnas IndonesiaBudi SudarsonoLiga IndonesiaIlham Jaya KesumaShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini