Jelang Lawan Timnas Indonesia, Mengapa Banyak Pemain Islandia Bernama Akhir 'Son'? Ini Penjelasannya

  • Timnas Indonesia akan menghadapi Islandia hari ini, Minggu  (14/01/18)  di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK)
  • Satu hal yang unik dari para pemain Timnas Islandia yang jarang diketahui, yakni mayoritas pemain tim berjuluk Our Boys otu memiliki nama akhiran Son.
  • Ternyata ada penjelasan untuk hal tersebut.
Minggu, 14 Januari 2018 08:56 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Lanjar Wiratri
© Prima Pribadi/INDOSPORT
Skuat Timnas Islandia. Copyright: © Prima Pribadi/INDOSPORT
Skuat Timnas Islandia.

Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan menjamu Timnas Islandia, Minggu (14/01/18) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Laga ini juga menjadi debut perdana SUGBK pasca renovasi untuk menyambut Asian Games 2018 tahun ini.

Timnas Indonesia dibawah asuhan Luis Milla mengaku siap berhadapan dengan salah satu peserta Piala Dunia 2018 itu. Islandia merupakan salah satu tim kejutan yang untuk pertama kalinya berhasil lolos ke Piala Dunia Rusia 2018 yang akan dihelat pada pertengahan tahun mendatang.

Bicara soal Timnas Islandia, ada satu hal yang unik seperti semua nama para pemain Islandia termasuk para pelatih dan stafnya berakhiran 'Son'. Sebut saja nama sang pelatih, Heimir Hallgrímsson dan para pemain lainnya yang juga menyandang akhiran Son di nama terakhirnya.

Usut punya usut, ternyata ada arti unik dibalik nama bagi anak laki-laki Islandia tersebut. Dihimpun dari berbagai sumber, Son yang ada di akhiran nama orang Islandia berarti anak laki-laki dari (sebelum nama 'Son' biasanya ada nama orangtuanya).

Penamaan tersebut menganut sistem patronimik pada umumnya, yang mana nama tersebut mencerminkan jika mereka ialah keturunan langsung dari sang ayah (sama seperti bin atau binti dalam Islam). Hingga sekarang, Islandia terus menggunakan sistem penamaan tradisional mereka yang sebelumnya digunakan oleh bangsa-bangsa Nordic.

Pelatih Timnas Islandia, Heimir Hallgrimsson. Copyright: INDOSPORTPelatih Timnas Islandia, Heimir Hallgrimsson.

Negara asal Sigur Ros tersebut menggunakan sistem penamaan bangsa Nordic. Sehingga setiap anak laki-laki memiliki nama depan ayah atau ibu mereka ditambah kata 'Son'.

Contoh mudahnya adalah, ada pria bernama Jon Gudni Fjoluson yang memiliki seorang putra bernama Frederick. Maka, nama belakang Frederick menjadi Jonsson yang berarti Olafur adalah anak dari Jon.

Kita bisa ambil contoh dari para pemain Islandia. Birkir Bjarnason berarti Birkir anak dari Bjarna atau Kolbeinn Sigthorsson berarti Kolbeinn anak dari Sigthor. Sedangkan untuk penamaan anak perempuan, sedikit berbeda.

Ada penambahan kata dottir di belakang nama. Contohnya, Jon Einarsson memilikianak perempuan yang bernama Sigridur. Maka, nama belakang Sigridur adalah Jonsdottir yang berarti anak perempuan dari Jon.