x

Selain Muhammad Ali, Ini 4 Petinju Muslim yang Sukses Menjadi Juara Dunia

Selasa, 12 Mei 2020 08:26 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto

INDOSPORT.COM - Atlet muslim berprestasi bukan hanya jamak di sepak bola Eropa, ternyata di olahraga tinju banyak pula petinju muslim kelas dunia yang pernah menjadi jawara. 

Salah satu yang paling populer adalah Muhammad Ali. Petinju muslim yang religius ini merupakan legenda di ring tinju yang berkali-kali mempertahankan gelar juara dunia. 

Namun, ternyata bukan hanya Muhammad Ali saja petinju muslim yang pernah menjadi juara dunia. Ada cukup banyak petinju muslim berprestasi. 

Baca Juga
Baca Juga

Berikut ini kami pilihkan tiga petinju muslim yang sukses menjadi juara dunia. 

1. Prince Naseem Hamed

Naseem Hamed atau yang biasa dijuluki sebagai 'Prince' (Pangeran) ini adalah seorang petinju muslim yang pernah menjadi juara dunia tinju kelas terbang. Prince merupakan petinju Inggris keturunan Yaman. 

Ia pernah menjadi juara dunia termuda saat usianya masih 21 tahun di Inggris tahun 1995. Setelah itu, ia tak pernah terkalahkan selama 35 kali sampai tahun 2001.  

2. Bernard Hopkins

Mike Tyson dan Bernard Hopkins.

Pada medio 2000-an silam dunia tinju kelas berat pernah dikejutkan dengan nama Bernard Hopkins. Bernard Hopkins yang lahir di Amerika Serikat pada 15 Januari 1965 menjadi juara dunia kelas berat pada tahun 2004 dan 2005. 

Bernard yang pernah tanding dengan Mike Tyson ternyata diketahui merupakan seorang Muslim. Ia memulai karier tinjunya sejak tahun 1988 hingga 2016 yang menjadikannya sebagai atlet tinju tertua di dunia. 

3. Sadam Ali

Sadam Ali merupakan petinju Muslim asal New York, Amerika Serikat. Ia adalah warga Amerika Serikat keturunan Arab. 

Sadam Ali pernah mengejutkan ring tinju ketika berhasil menyabet gelar juara dunia kelas menengah WBO. Petinju kelahiran tahun 1988 ini merebut gelar tersebut setelah mengalahkan Miguel Cotto. 

4. Ruslan Chagaev

Nama petinju profesional asal Uzbekistan, Ruslan Chagaev, pernah mencuri perhatian di dunia tinju kelas berat. Meski tak setenar Oscar De La Hoya, Mike Tyson, atau pun Evander Holyfield, namun Ruslan Chagaev memiliki tempat tersendiri di kalangan penggemar. 

Baca Juga
Baca Juga

Dirinya tercatat pernah menyabet medali emas di kejuaraan dunia 2001 pada kelas berat. Petinju yang aktif berkompetisi sejak 1987 sampai 2016 ini merupakan pemeluk agama Islam dari etnis Volga Tatar. 

Muhammad AliTinjuTRIVIABerita Tinju

Berita Terkini