x

Amir Khan, dari Difitnah Rayakan Natal Hingga Pingsan di Tangan Manny Pacquiao

Rabu, 24 Juni 2020 17:27 WIB
Editor: Coro Mountana
Amir Khan saat akan memukul lawannya Terence Crawford gelar kelas welter WBO di Madison Square 20/04/19. Al Bello / Getty ImagesGarden

INDOSPORT.COM – Amir Khan, Petinju terkenal yang ternyata pernah difitnah rayakan natal hingga pingsan di tangan Manny Pacquiao.

Dalam dua dekade terakhir, nama Amir Khan begitu terkenal berkat prestasinya dalam dunia tinju. Kariernya semakin menanjak ketika Amir Khan sukses memenangkan medali perak Olimpiade 2004 yang di mana ia melanjutkan kiprahnya di Amerika Serikat.

Latihan keras dan suara pukulan terus didengarnya yang mana itu mengiringi langkah kesuksessan Amir Khan di dunia tinju. Hingga akhirnya Amir Khan sukses jadi penguasa gelar kelas welter ringan dengan merebut sabuk WBA dari 2009-2012 dan sabuk IBF pada 2011.

Baca Juga
Baca Juga

Kerja kerasnya membuahkan prestasi gemilang yang ternyata di balik itu semua, ada hal lain yang juga sedang diperjuangkan Amir Khan. Yaitu, ingin menyebarkan kebaikan sekaligus mewartakan jika Islam yang selama ini dikaitkan dengan terorisme itu tidak benar adanya.

“Saya rasa orang-orang mengikuti saya karena fokus pada sikap baik saya. Saya bertanding di New York, tempat aksi terorisme 11 September, tempat orang sangat takut dengan muslim, tapi saya bisa membuat semua orang datang mendukung saya,” cerita Amir Khan, seperti yang dilansir dari Bleacher Report.

Apa yang dilakukan oleh Amir Khan memang sungguh mulia, ia mengerjakan berbagai aksi amal demi menyebarkan kebaikan dan berusaha mengubah stigma negatif yang melekat pada Islam di Amerika Serikat. Pernah suatu ketika, Amir Khan datang ke Pakistan dan membangun sumur di daerah kekeringan.

Baca Juga
Baca Juga

Aksi sosial yang dilakukan bahkan sampai membuat Amir Khan mendirikan Amir Khan Foundation. Tak hanya itu, pada masa pandemi virus corona saat ini, Amir Khan Foundation rupanya ikut memberikan bantuan bahan makanan bagi warga miskin yang terdampak oleh lockdown di Inggris.

Berbagai tindakan amal di luar tinju yang dilakukan Amir Khan membuatnya begitu dicintai, tapi ternyata ada suatu ketika ia sempat dibenci setelah dianggap ikut merayakan natal, bagaimana bisa?


1. Difitnah Rayakan Natal

Amir Khan dan Istri, Faryal Makhdoom

Pada Natal tahun lalu, Amir Khan dikejutkan dengan bully yang ditujukan pada dirinya di media sosial setelah ia bersama istri (Faryal Makhdoom) dan kedua anaknya berpose di depan pohon natal. Foto tersebut diunggah oleh Amir Khan dalam media sosialnya.

Dengan maksud merayakan liburan akhir tahun, Amir Khan ingin berbagai kebahagiaan yang sedang dirasakan oleh keluarga kecilnya. Namun sayang itu justru diplintir oleh oknum tak bertanggung jawab di media sosial.

Banyak yang mencibir jika mereka tak akan melakukan apa yang ada di dalam postingan Amir Khan. Seorang muslim taat tetapi malah merayakan natal bersama keluarga kecilnya, itu sebuah kontradiksi bagi sebagian netizen dan sulit diterima.

“Hormatilah agamamu. Bayangkan memiliki pohon natal dan menjadi Muslim, itu tidak akan pernah terjadi pada saya,” tulis komentar netizen pada postingan Amir Khan di media sosial.

“Saya sangat terkejut dengan semua kebencian yang saya dapatkan di media sosial hanya karena mengucapkan selamat natal dan mengunggah foto bersama keluarga dalam nuansa natal. Hanya ingin mengatakan pada orang-orang itu, saya tak peduli,” tulis Khan merespon komentar miring padanya.

Meski mendapat cercaan dan hinaan, tak sedikit juga yang mendukung tindakan Amir Khan bahwa tak perlu ada lagi kesenjangan, saling menghormati kepercayaan orang lain akan membawa kebahagiaan lebih, begitu kira-kira ungkapan dari orang yang memuji petinju muslim itu.

Ganas di atas ring tetapi berhati mulia di luar, itulah penggambaran sempurna atas sosok Amir Khan. Namun siapa sangka dibalik sosok sempurna Amir Khan, dirinya ternyata pernah dibuat pingsan oleh Manny Pacquiao.

Dibuat Pingsan Oleh Manny Pacquiao

Manny Pacquiao dalam pertarungan melawan Keith Thurman.

Momen unik itu terjadi ketiak Amir Khan menjadi rekan latih tanding legenda tinju asal Filipina, Manny Pacquiao. Keduanya kerap melakukan sparring partner yang dibawah asuhan sang pelatih, Freddie Roach.

Siapa sangka selama menjadi rekan latih tanding, Manny Pacquiao ternyata pernah memukul Amir Khan sampai pingsan. Dean Byrne, petinju asal Irlandia yang memberi kesaksian jika itu memang pernah terjadi.

Dalam persiapan Manny Pacquiao melawan Juan Manuel Marquez dan Oscar De La Hoya, Dean Byrne kerap menjadi lawan latih tandingnya. Dan pada saat itu juga, Dean Byrne mengungkapkan kalau berkali-kali Manny Pacquiao sering memukul KO Amir Khan.

“Saya memang tak melihat langsung. Tapi saya diceritakan bahwa Khan pingsan di atas ring oleh Manny Pacquiao,” kata Byrne seperti dikutip dari Boxing Scene.

Perserteruan Manny Pacquiao dengan Amir Khan sendiri sempat ingin dibawa dalam arena ring tinju yang sebenarnya pada 2017, namun pada akhirnya itu tak pernah terjadi. Meski pernah dibuat pingsan Manny Pacquiao dan difitnah rayakan natal, Amir Khan tetaplah petinju yang sangat dicintai.

Manny PacquiaoAmir KhanNatalIn Depth SportsTinjuFeatureBerita Tinju

Berita Terkini