x

Termasuk Buat KO Mike Tyson, Ini 5 Pertarungan Terbaik Evander Holyfield di Ring Tinju

Jumat, 10 Juli 2020 08:12 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
Saat Evander Holyfield menunjuk ke telinganya yang berdarah setelah Tyson menggigitnya pada ronde ketiga gelar kelas berat mereka di MGM Grand Garden di Las Vegas, Nevada (28/06/1997).

INDOSPORT.COM – 27 tahun berkarier di dunia tinju profesional, Evander Holyfield menorehkan beberapa pertarungan terbaik, yang salah satunya saat membuat KO Mike Tyson.

Pernah menyandang gelar juara kelas berat tinju dunia, dan memiliki rekor 52 bertanding, 42 menang, 8 kalah dan 2 imbang, termasuk didalamnya 27 kemenangan KO (knockouts), Evander Holyfield jelas merupakan salah satu petinju terbaik yang pernah ada dalam sejarah.

Baca Juga
Baca Juga

Apalagi bukan hanya sekadar bisa menghadirkan pertandingan yang menarik dalam kiprahnya di atas ring tinju, Evander Holyfield kerap kali menghadirkan drama sebelum, saat hingga sesudah jalannya pertandingan.

Misalnya ketika dirinya terlibat dalam pertarung kotor melawan Mike Tyson yang menggigit kupingnya di atas ring (28/06/97). Pertandingan itu menjadi buat bibir diseantero dunia bahkan terkenang hingga kini.

Namun jika bicara pertandingan melawan Tyson, sebenarnya ada pertarungan yang lebih menarik yang pernah dilakukan Evander Holyfield melawan petinju berjuluk Si Leher Beton itu. Yakni dalam pertarungan sebelumnya di tahun 1996.

Saking hebatnya, pertandingan itu bahkan layak dimasukan kedalam daftar lima pertarungan terbaik Evander Holyfield sepanjang kariernya.

Berkaca pada hal itu, maka termasuk pertandingan melawan Mike Tyson, berikut INDOSPORT rangkumkan lagi lima pertarungan terbaik Evander Holyfield sepanjang kariernya, bersumber dari halaman ajc.com.

vs Buster Douglas (25 Oktober 1990)

Dalam daftar pertama ada pertandingan antara Evander Holyfield vs Buster Douglas di tanggal 25 Oktober 1990.

Pertandingan ini jelas akan menjadi satu yang tak akan pernah dilupakan Evander Holyfield atau penggemarnya sepanjang sejarah. Sebab pertarungan melawan Buster Douglas ini adalah yang membuat Evander Holyfield untuk pertama kalinya bisa menyandang gelar juara kelas berat tinju dunia.

Meski begitu, sebenarnya pertarungan melawan Buster Douglas ini terhitung mudah buat Evander Holyfield. Tak sebesar pertaruhan gelarnya, di laga ini Evander Holyfield sudah bisa memukul KO Buster Douglas pada ronde ketiga.

vs Riddick Bowe (6 November 1993)

Pertandingan terbaik Evander Holyfield selanjutnya dalam daftar ini terjadi saat dirinya bisa mengalahkan Riddick Bowe pada tanggal 6 November 1993.

Pertandingan yang berlangsung di Caesar Palace, Las Vegas itu sendiri merupakan laga kedua dari trilogy yang melibatkan Evander Holyfield vs Riddick Bowe.

Di pertandingan kedua itu, Evander Holyfield datang sebagai pihak yang sebelumnya menelan kekalahan atas Bowe dalam perebutan gelar kelas berat, sekitar setahun sebelumnya 13 November 1992.

Datang sebagai penantang, Evander Holyfield sebenarnya sempat harus menelan kekalhan di tiga ronde awal. Namun dengan permainan jarak dekatnya, petinju berjuluk The Real Deal itu bisa balik mencuri ronde empat hingga ketujuh.

Sempat tertunda 30 menit akibat masuknya penerjun payung ke area kursi penonton. Di ronde kedelapan Evander Holyfield bisa kembali mendominasi.

Bahkan sekalipun Bowe mmulai kembali agresif di empat ronde tersisa, Evander Holyfield akhirnya bisa membalaskan dendam kekalahan sebelumnya. Untuk kembali mengambil gelar juara kelas berat dunia, dalam kemenangan poin, 115-113, 115-114, 114-114.

Dwight Muhammad Qawi (12 Juli 1986)

Mundur ke  tanggal 12 Juli 1986, Evander Holyfield sempat terlibat pertarungan luar biasa melawan Dwight Muhammad Qawi di The Omni, Atalanta Amerika Serikat.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam banyak kesempatan, Evander Holyfield sering menyebut pertarungan melawan Muhammad Qawi ini sebagai salah satu pertandingan terberatnya sepanjang karier di dunia tinju.

Saking beratnya pertandingan di kelas cruiserweight itu harus disudahi kedua petinju itu dalam 15 ronde. Hasilnya pun tak mutlak, dari tiga juri, dua memberikan kemenangan poin buat Evander Holyfield. Sementara satu lagi memenangkan Dwight Muhammad Qawi.

Atas hasil itu, Evander Holyfield pun berhak menyandang gelar juara kelas cruiserweight. Gelar juara yang juga merupakan raihan pertamanya saat terjun ke dunia tinju profesional.


1. 5 Pertarungan Terbaik Evander Holyfield di Ring Tinju

Mike Tyson dan Evander Holyfield

vs Mike Tyson, 9 November 1996

Sebelum pertandingan kotor yang diwarnai gigitan kuping Evander Holyfield oleh Mike Tyson. Keduanya sempat saling bertemu pada 9 November 1996 dalam pertandingan perebutan gelar juara kelas berat WBA di MGM Grand Garden Arena, Nevada.

Di-promotori oleh Don King, pertarungan ini menjadi kesempatan kedua Mike Tyson untuk mempertahankan gelarnya. Usai sebelumnya bisa menaklukan Bruce Seldon.

Dengan catatan Evander Holyfield yang kalah di dua pertarungan sebelum menantang Mike Tyson, membuat sang juara bertahan berada di posisi yang lebih diunggulkan.

Saat pertandingan pun terlihat demikian, Mike Tyson bisa mendominasi serangan ke arah Evander Holyfield. Namun rupanya dominasi itu sudah terbaca sejak awal oleh Evander Holyfield.

Memilih bermain bertahan, pada ronde keenam Evander Holyfield sempat membuat pelipis Mike Tyson terluka karena tandukannya, yang dinilai wasit tidak disengaja. Bahkan setelahnya Evander Holyfield pun bisa membuat Mike Tyson sempat terkapar lewat hook keras ke dada kirinya.

Sudah berada di atas angin, di ronde setelahnya, Evander Holyfield tanpa ampun terus menyerang Mike Tyson dengan pukulan kerasnya. Sampai akhirnya di ronde kesepuluh, wasit menyatakan Mike Tyson tak mampu lagi melanjutkan pertandingan. Evander Holyfield pun dinyatakan menang KO, sukses mencuri gelar juara kelas berat WBA dari tangan Mike Tyson.

vs Michael Moorer, 8 November 1997

Terakhir ada pertarungan terbaik Evander Holyfield melawan Michael Moorer, 8 November 1997 di Thomas & Mac Center, Las Vegas.

Sejak awal pertarungan Evander Holyfield vs Michael Moorer ini sudah mempertarukan gengsi besar. Sebab merupakan laga penyatuan kelas berat WBA dengan IBF.

Buat Evander Holyfield sendiri, pertarungan melawan Michael Moorer ini menjadi kesempatannya untuk membalaskan dendam atas kekalahan di tahun 1994.

Pertandingan berjalan seimbang pada awal tiga ronde pertama, sampai akhirnya harus dihentikan karena luka di pelipis kiri Evander Holyfield yang terjadi akibat benturan tak sengaja dengan Moorer.

Setelah itu Moorer sempat bisa mendominasi, hingga di ronde kelima Evander Holyfield secara luar biasa bisa balik membuat Moorer jatuh tersungkur dengan permainan jarak dekatnya.

Moorer sempat kembali bisa melanjutkan pertandingan. Namun di ronde ketujuh dirinya dua kali lagi bisa dirobohkan Evander Holyfield. Meski belum juga menyerah KO.

Sampai kemudian di ronde kedelapan, dua pukulan hook keras di dua waktu yang berbeda, membuat Michael Moore dua kali lagi tersungkur di atas ring. Dan di kejatuhannya yang kedua di ronde kedelapan atau yang kelima sepanjang laga, Moorer tak sangup lagi melanjutkan.

Evander Holyfield pun dinyatakan menang KO. Menjadi juara kelas berat WBA dan IBF, sekaligus mengukirkan salah satu pertandingan terbaiknya sepanjang sejarah di dunia tinju profesional.

Mike TysonEvander HolyfieldTinjuTRIVIABerita Tinju

Berita Terkini