x

Apa Kabar Simpiwe Vetyeka? Si 'Perusak' Rekor Tak Terkalahkan Chris John

Sabtu, 25 Juli 2020 22:25 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Simpiwe Vetyeka sempat menjadi mimpi buruk bagi petinju kebanggaan Indonesia, Chris John. Bagaimana kabarnya bintang tinju asal Afrika Selatan ini sekarang?

INDOSPORT.COM – Simpiwe Vetyeka sempat menjadi mimpi buruk bagi petinju kebanggaan Indonesia, Chris John. Bagaimana kabarnya bintang tinju asal Afrika Selatan ini sekarang?

Pertarungan perebutan gelar kelas bulu WBA Super di Northbridge, Australia, 6 Desember 2013, menjadi salah satu momen tersedih bagi dunia tinju Indonesia. Untuk pertama kalinya, petinju kebanggaan tanah air, Chris John, menderita kekalahan.

Chris John yang dijuluki sebagai The Dragon, memutuskan untuk menyerah pada akhir ronde keenam. Kekalahan itu menjadi kekalahan pertama sepanjang karier profesionalnya, sekaligus mengakhiri kekuasaannya terhadap sabuk juara dunia WBA yang sudah berjalan 10 tahun.

Baca Juga
Baca Juga

Tidak cuma itu, laga tersebut juga menjadi pertandingan terakhir Chris John karena ia kemudian memutuskan untuk pensiun dari dunia tinju profesional.

Sosok yang mengalahkan Chris John di laga itu, sekaligus merusak rekor tak terkalahkan dan mengakhiri kariernya adalah Simpiwe Vetyeka, petinju asal Afrika Selatan.

Menariknya, sebelum mengalahkan Chris John, Vetyeka sudah lebih dulu mengalahkan petinju Indonesia lainnya, Daud Yordan, dan merebut gelar juara kelas bulu IBO.

Baca Juga
Baca Juga

Namun kejayaan Vetyeka tidak berjalan lama. Petinju kelahiran 24 Desember 1980 itu justru langsung mengalami kekalahan dalam upaya pertamanya mempertahankan gelar saat menghadapi petinju Filipina, Nonito Donaire.

Setelah kekalahan itu, Vetyeka sempat bertanding lagi sebanyak 5 kali dengan hasil 4 kemenangan dan 1 kekalahan. Ia juga sukses merebut gelar juara kelas bulu WBA International.

Ia menjalani pertandingan terakhirnya pada tahun 2018 menghadapi rekan senegaranya, Thompson Mokwana. Ia memenangi duel itu dan meraih gelar juara kelas ringan WBO Afrika. Sepanjang kariernya, Simpiwe Vetyeka mencatat rekor 30-4 dengan 18 kali kemenangan KO.


1. Tinggalkan Tinju Profesional, Beralih ke Amatir

Usai gantung sarung tinju, Simpiwe Vetyeka beralih menjadi pelatih tinju amatir.

Menariknya, pensiunnya Simpiwe Vetyeka dari dunia tinju bukanlah disebabkan oleh peristiwa yang terjadi di dalam ring. Ia pensiun karena mengalami kecelakaan. Ia diketahui tertabrak mobil saat keluar dari mobilnya sendiri di jalanan London pada tahun 2018 lalu.

Akibat peristiwa nahas itu, kedua kakinya patah dan kondisinya tidak memungkinkan bagi dirinya untuk kembali bertinju.

Meski demikian, Vetyeka rupanya tidak bisa jauh-jauh dari dunia tinju. Mundur dari ajang profesional, penakluk Chris John ini kembali ke tinju amatir sebagai pelatih.

Dilansir Sowetan Live, ia bahkan telah menghasilkan seorang juara tinju amatir dari sasananya yang diberi nama V12 Boxing Gym.

“Saya diberi kepercayaan mengelola Community Hall di samping rumah saya di Mdantsane, tempat saya melatih para petinju amatir. Beberapa petinju saya menjalani pertarungan perdana mereka Mei tahun lalu dan saya sudah menghasilkan seorang juara amatir di Eastern Cape.”

“Saya juga terpilih menjadi bagian dari tim pelatih untuk tim amatir Buffalo City Metro yang berpartisipasi dalam Eastern Cape Games pada bulan September tahun lalu,” pungkasnya.

Chris JohnAfrika SelatanTinjuApa KabarBerita Tinju

Berita Terkini