Peristiwa Masa Lampau

Kisah 'Hercules Mungil' yang Buat Harum Nama Turki di Pentas Olimpiade

Jumat, 22 Juli 2016 14:00 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Mungkin nama Naim Suleymanoglu tak sepopuler Lionel Messi di dunia sepakbola ataupun Valentino Rossi di dunia balap motor (MotoGP). Tapi, percayalah prestasinya (mungkin) mampu menyamai dua manusia super tersebut.

Suleymanoglu, seorang atlet angkat besi (lifter) asal Turki keturunan Bulgaria, yang boleh dibilang memiliki tubuh kecil, membuktikan kepada dunia, bahwa keterbatasan fisik sekalipun tak akan pernah bisa menghalanginya untuk terus mengukir prestasi.

Secara fisik, Suleymanoglu bahkan lebih pendek dari Messi. Namun, atlet berusia 49 tahun itu dianggap menekuni dunia olahraga yang jauh lebih berat karena menguras fisik.

Dengan fisik yang sepertinya mustahil untuk bergelut di dunia angkat besi, tapi ajaibnya Suleymanoglu selalu berhasil menaklukkan beban-beban berat.

Dunia angkat besi yang sudah ditekuni Suleymanoglu sejak kecil, akhirnya melambungkan namanya di pentas internasional.

Tak tanggung-tanggung, atlet kelahiran 23 Januari 1967 itu pernah mengukir prestasi bersejarah di dunia angkat besi. Total raihan 3 medali emas secara beruntun berhasil digondol Suleymanoglu di 3 edisi Olimpiade yang berbeda.

Bagaimana kisah perjuangan Suleymanoglu di panggung angkat besi yang melambungkan namanya di dunia? INDOSPORT akan mengangkat kembali peristiwa masa lampau saat The Pocket Hercules meraih 3 medali emas secara beruntun di Olimpiade.

126