Liga Mahasiswa Basket

Esa Unggul Jungkalkan Pelita Harapan

Senin, 24 November 2014 02:06 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Adrian Syahalam
 Copyright:

Duel klasik terjadi antara tim unggulan putri UPH saat berhadapan dengan UEU di penutupan seri 2 LIMA Basketball Season 3 Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference. Secara mengejutkan UPH harus takluk dari UEU yang tahun lalu hanya berhasil duduk di peringkat 5 papan klasemen.
 
UEU menang dengan skor akhir 68-58. Ini merupakan kemenangan pertama UEU melawan UPH di LIMA Basketball. Kemenangan UEU terlihat sejak awal pertandingan yang digelar di Lapangan Basket, Untar, Jakarta.
 
Dimulai dengan kedua tim secara bergantian melakukan serangan demi serangan. UEU terlebih dahulu mencetak poin lewat Sari Dewi Fitriyana. Sepanjang babak pertama, pertandingan diwarnai dengan tembakan three points yang dihasilkan oleh Dewi Kadek Pratitta Citta dari UEU dan Sinatra Ivone Febriani dari UPH. Kuarter pertama kedudukan sama kuat 14-14.
 
Jelang kuarter kedua kerjasama yang diperlihatkan Sari dan Rosmika Anjelin membuahkan angka demi angka untuk UEU. 18-16 angka untuk UEU. UPH akhirnya bisa berbalik unggul berkat tembakan dari Nathalia. UPH menutup kuarter kedua dengan keunggulan angka 30-27. Kuarter ketiga permainan semakin seru, UEU banyak mengandalkan tembakan 3 points dari shooter-shooternya untuk bisa unggul kembali.
 
Hasilnya, berulang kali UPH dan UEU imbang 41-41 hingga 48-48. Tembakan dari Ibrahim Yosiana Rosemary dari UEU menutup pertandingan kuarter ketiga. UEU unggul tipis 50-48. Kuarter keempat UEU merubah taktik yang dijalankan dengan menerapkan offense sehingga membuat pemain UPH panik dan kurang tenang. Dalam kurun waktu 5 menit UEU berhasil menambah 17 angka. Perubahan strategi ini diakui Daniel, pelatih
tim putri UPH berhasil mengganggu harmonisasi permainan timnya.
 
“Kuarter pertama hingga kuarter ketiga kita bisa bermain imbang dengan UEU. Namun di kuarter keempat menit ke-5 perubahan strategi yang dijalankan pemain lawan berhasil membuat pemain kami terburu-buru dan banyak kehilangan momentum,” tuturnya.
 
“Kekalahan ini justru bagus untuk UPH untuk bisa melihat letak kekurangan dan kesalahan kami. Kami biasa bermain dengan margin skor yang jauh dan pertandingan ini membangunkan anak-anak dari zona nyaman. Kita nggak akan bisa ke babak nasional kalau bermain seperti tadi,” tambah ia.
 
Sementara bagi Sari Dewi Fitriyana dari UEU yang hari ini sukses mendulang 13 angka, kemenangan ini menjadi langkah yang baik untuk menghadapi pertandingan di babak play off. “Hari ini bersyukur banget untuk pertamakalinya bisa mengalahkan UPH dan bisa sapu bersih pertandingan di seri 1 dan seri 2 LIMA Basketball. Kita semakin optimis untuk bisa memperbaiki peringkat dari tahun lalu,” ucap pemain UEU, Dewi Kadek.
 
Dengan hasil ini UEU putri berhak menempati posisi pertama klasemen LIMA Basketball Season 3 Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference dengan mencatatkan 7 kali kemenangan. Tim putri yang lolos ke babak play off LIMA Basketball Season 3 Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference adalah UEU, UPH, Perbanas dan Untar.