Kritik Wasit, Pelatih LA Lakers Kena Sanksi NBA

Kamis, 25 Oktober 2018 20:42 WIB
Penulis: Putra Rusdi Kurniawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pelatih LA Lakers,Luke Walton mendapatkan hukuman denda dari NBA usai memprotes keputusan wasit saat timnya berhadapan dengan San Antonio Spurs.

LA Lakers yang musim ini diperkuat oleh LeBron memulai NBA dengan tak terlalu memuaskan. Meski akhirnya sukses meraih kemenangan perdana setelah mengalahkan Phoenix Sun 131-113, namun sebelumnya Lakers harus mengalami tiga kekalahan beruntun di tiga laga awal mereka di NBA musim ini.

Kekalahan paling menyesakan adalah kala kalah setengah bola dari San Antonio Spurs dengan skor akhir 142-143. Kekalahan menyesakan atas Spurs ini membuat pelatih Lakers, Luke Walton bereaksi keras dan menganggap timnya kalah karena wasit.

“Saya tidak ingin mengatakan banyak hal karena saya ingin menyimpan uang saya dari hukuman denda. Akan tetapi dapat terlihat jelas di pertandingan ini, jika tim kami sangat dirugikan," ujarnya seperti dikutip situs berita sport USA Today.

"Kami sebenarnya begitu menguasai perolehan poin di lapangan, tetapi musuh kami dapat menyamainya dengan mudah melalui free throw. Total, Spurs mendapatkan 38 free throw yang menurut saya sangat berlebihan" tutur Walton usai laga kontra Spurs.

“Ketika Anda melihat tayangan ulang ketika saya mendapat technical foul, LeBron James jelas-jelas dilanggar oleh pemain lawan karena tangannya dengan sengaja dipukul oleh pemain lawan."

"Akan tetapi, kami tidak mendapat pelanggaran apa-apa sehingga membuat saya marah. Hal tersebut semakin diperparah ketika lawan yang melakukan hal serupa, wasit akan langsung memberikannya pelanggaran dan free throw,” ungkapnya menambahkan.

Komentar Walton atas kinerja wasit ini ternyata berbuntut panjang setelah NBA memberikan sanksi kepada pelatih muda berusia 38 tahun ini berupa denda senilai 15 ribu USD (sekitar Rp227 juta). Keputusan ini disampaikan oleh Kiki VanDeWeghe Wakil Presiden NBA melalaui situs resmi NBA.

Terus Ikuti Update NBA dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM