Bukan yang Pertama, Kawhi Leonard Perusak Dominasi Tim Juara Bertahan NBA

Jumat, 14 Juni 2019 12:25 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© SB Nation
Bintang Toronto Raptors, Kawhi Leonard, perusak dominasi tim juara bertahan NBA. Copyright: © SB Nation
Bintang Toronto Raptors, Kawhi Leonard, perusak dominasi tim juara bertahan NBA.

INDOSPORT.COM - Megabintang Toronto Raptors, Kawhi Leonard, merupakan pemain yang bisa disebut perusak dominasi tim juara bertahan NBA.

Dalam edisi NBA Finals 2019, Leonard berhasil membawa Raptors mengalahkan Warriors. Tim basket yang bermarkas di Scotiabank Arena tersebut mengunci gelar juara usai menang di game 6 NBA Finals 2019 dengan skor 114-110.

Berkat kemenangan ini, skor menjadi 4-2 buat keunggulan Raptors dan mereka berhak menjadi juara NBA 2019. Dalam pertandingan tersebut, Leonard membantu Raptors meraih kemenangan dengan mencetak 22 poin, 6 rebound, dan 3 assist.

Berhasilnya Leonard membawa Raptors juara dan merusak dominasi Golden State Warriors meraih gelar NBA tiga kali secara beruntun ini ternyata bukan yang pertama kalinya.

Sebelumnya, saat bermain di San Antonio Spurs, Leonard juga menjadi pemain perusak dominasi Miami Heat yang megincar tiga gelar NBA pada edisi NBA Finals 2014. Laga final tersebut mempertemukan San Antonio Spurs dan Miami Heat yang masih diperkuat oleh LeBron James.

Sama seperti Warriors, Miami Heat mendominasi NBA waktu itu dengan meraih gelar juara back-to-back. Di musim 2013/14, Miami Heat kembali masuk ke final dan mengincar gelar juara yang ketiga.

Akan tetapi, San Antonio Spurs dan Leonard berhasil mengalahkan Miami Heat pada NBA Finals 2014 dengan skor menjanjikan 4-1.

Saat itu, Leonard tidak sendirian. Ia dibantu oleh pemain-pemain top lainnya seperti Tony Parker, Tim Duncan, dan Manu Ginobili. Dalam NBA Finals 2014, Leonard memiliki rata-rata 17.8 poin, 6.4 rebound, dan 2.0 assist.