Apa Kabar Dikembe Mutombo, Legenda Nuggets yang Jago Dalam Bertahan

Jumat, 3 April 2020 17:51 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Marcus Ingram/Getty Images for UNICEF
Dikembe Mutombo, mantan pebasket bintang NBA. Copyright: © Marcus Ingram/Getty Images for UNICEF
Dikembe Mutombo, mantan pebasket bintang NBA.

INDOSPORT.COM - Dikembe Mutombo pasti tak asing bagi penggemar NBA. Ia adalah legenda Denver Nuggets dan dikenal sebagai pemain bertahan yang hebat.

Lahir dan tumbuh di Republik Demokratik Kongo, Dikembe Mutombo tak terbayang bisa menjadi pebasket profesional. Mutombo pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1987 saat usianya 21 tahun untuk bersekolah di Universitas Georgetown.

Sejatinya Mutamobo mendapatkan beasiswa dan awalnya berniat untuk menjadi dokter. Akan tetapi, pelatih bola basket Georgetown saat itu, John Thompson merekrutnya untuk bermain bola basket.

Keputusan Mutombo bermain basket nyatanya tepat, memiliki postur setinggi 218 cm Mutombo bermain sebagai center. Catatan impresifnya di basket kampus ia pernah memblok 12 tembakan dalam satu pertandingan.

Berkat keterampilannya, Mutombo akhirnya mengikuti NBA Draft pada tahun 1991. Kala itu, ia menjadi pemain pilihan keempat secara keseluruhan oleh Denver Nuggets.

Sebelum kedatangan Mutombo, Nuggets adalah tim di peringkat terakhir NBA dan memiliki tingkat pertahanan yang buruk. Namun, setelah gabungnya Mutombo hal itu berubah.

Di tahun roookie, Mutombo membuat kesan yang bagus. Ia juga menjadi pemain yang produktif dan terpilih untuk bermain di NBA All-Star. Di tahun pertamanya, ia bahkan punya rata-rata membuat tiga blok per pertandingan.

Di tahun kedua bersama Nuggets, Mutombo semakin impresif. Ia akhirnya sukses membawa Nuggets ke NBA playoff meski kalah di babak kedua oleh Utah Jazz. Setahun setelahnya, pria yang saat ini berusia 53 tahun tersebut mendapatkan gelar NBA Defensive Player of The Year pertamanya.

Namun akhirnya, kebersamaan Mutombo dengan Nuggets harus berakhir pada akhir musim 1995/1996. Pasalnya Mutombo meminta kontrak 10 tahun yang dianggap tak masuk akal.

Setelah lima tahun berseragam Nuggets, Mutombo berpindah-pindah tim dari Atlanta Hawks, Philadelphia 76ers, New Jersey Nets, New York Knicks, dan terakhir bersama Houston Rockets.

Selama kariernya, Mutobo disebut sebagai pemain bertahan yang hebat karena ia meraih empat gelar Defensive Player of The Year. Selain itu, Mutombo juga menyabet NBA rebounding leader dua kali dan NBA blocks leader sebanyak tiga kali.

Sementara itu, Mutombo adalah pemain yang memiliki jiwa sosial sangat tinggi. Ia membangun yayasan untuk meningkatkan kondisi kehidupan di negara asalnya pada tahun 1997.

Banyak aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh Mutombo khususnya yang menyangkut olahraga, seperti Olimpiade Spesial. Mutombo menjadi anggota Dewan Direktur Internasional untuk Olimpiade Spesial serta duta besar mereka.

Sebagai informasi, Olimpiade Spesial merupakan gerakan global yang bertujuan memberikan kesempatan bagi atlet berkebutuhan khusus untuk berprestasi dan bersosialisasi antar sesama ataupun dengan masyarakat luas.

Selain itu, Mutombo juga melakukan usaha untuk mengurangi polio secara global serta bekerja untuk meningkatkan kesehatan di negara asalnya, Republik Demokratik Kongo.

Berkat aksi kemanusiannya, Mutombo sempat diundang oleh mantan Presiden Amerika Serikat, George W Bush dan disebut sebagai 'son of the Congo'. Ia juga mendaptakan penghargaan kemanusiaan dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health pada  2013.

Nah berkat aksi kemanusiaan tersebut, Mutombo juga aktif dengan NBA Cares untuk melakukan aksi sosial. Terlihat dari akun Instagramnya, Mutombo juga ambil bagian dalam program NBA Cares. Mutombo juga adalah mantan peain yang menjadi ambassador global NBA.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dikembe Mutombo (@dofficialmutombo) on

Sementara itu, selama aktif bermain di NBA, Dikembe Mutombo total membukukan catatan 11.729 poin, 12.359 rebound, dan 3.289 blocks. Mutombo sendiri adalah pemain kedua yang punya catatan blocks terbanya dalam sejarah NBA, hanya kalah dari Hakeem Olajuwon.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%