Perbasi Bali Melihat Sisi Positif Munculnya Tim Basket Bali United

Sabtu, 5 Desember 2020 06:16 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Yosef Bayu Anangga
© iblindonesia.com
Keputusan Bali United membuat tim basket dan ikut Indonesia Basketball League (IBL) 2021 dipandang sebagai hal positif oleh Perbasi Bali. Copyright: © iblindonesia.com
Keputusan Bali United membuat tim basket dan ikut Indonesia Basketball League (IBL) 2021 dipandang sebagai hal positif oleh Perbasi Bali.

INDOSPORT.COM - Keputusan Bali United membuat tim basket dan ikut Indonesia Basketball League (IBL) 2021 dipandang sebagai hal positif. Perbasi Bali melihat efek lebih luas dari keputusan ini, terutama perekrutan tiga rookie Pulau Dewata.

Bali tak pernah kekurangan pebasket putra andal. Generasi emas terus berlanjut meski pada faktanya tak ada klub asli Bali yang ikut kompetisi profesional.

Bahkan, pada SEA Games 1999, anak-anak Bali pernah mendominasi Timnas basket putra, melalui Cokorda Raka, I Made "Lolik" Sudiadnyana, Tri Adnyanaadi Lokatanaya, Riko Hantono, dan I Gede Agus Wahyudi.

Di bagian putri, tim Merpati Bali sukses menjadi juara Srikandi Cup 2018/2019. Tim ini mengandalkan deretan talenta lokal, seperti Kadek Pratita Citta Dewi, Dewa Ayu Made Sriartha, dan Kadek Sanis Jisanceghi.

Kini, pengaruh lebih besar bisa datang. Keputusan Bali United membentuk tim basket putra dipandang akan menggairahkan minat olahraga basket di Pulau Dewata. Para orang tua bisa yakin ketika anaknya ingin berkarir sebagai pebasket.

"Mudah-mudahan dengan adanya tim basket profesional dan home base di Bali bisa berpengaruh kepada pembinaan basket, khususnya basket putra," ucap Ketua Perbasi Bali, IGN Oka Darmawan.

Bali United belum merilis secara resmi roster musim ini. Dalam akun instagram @BaliunitedBasketball, Kamis (03/12/20), mereka baru mengumumkan keikutsertaan pada IBL 2021.

Bali United akan memperkenalkan tim secara resmi pada 18 Desember mendatang. Namun dalam IBL Draft 2020, ada tiga nama tak asing bagi publik basket Bali. Mulai dari Winston Swenjaya, I Putu Bagus Chandra, dan I Putu Yudiantara.

"Dipilihnya pemain muda Bali ke Bali United bisa menjadi pelecut semangat bagi pemain lain untuk lebih berprestasi lagi. Semoga ini menjadi titik awal kebangkitan basket Bali di kancah nasional," tutur Oka Darmawan.

Bali United memang belum merilis secara resmi. Namun dari informasi yang didapat INDOSPORT.com, tim basket ini sudah mulai berlatih di Denpasar. Pelatih yang digosipkan datang dari Eropa belum merapat. Bali United gerak cepat agar siap ketika IBL diputar pada 15 Januari 2021 mendatang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%