Timnas Basket Indonesia Dapat Keuntungan di FIBA Asia Cup 2021

Senin, 5 Juli 2021 16:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Perbasi
Timnas Basket Indonesia dapat keistimewaan di FIBA Asia Cup 2021. Copyright: © Perbasi
Timnas Basket Indonesia dapat keistimewaan di FIBA Asia Cup 2021.

INDOSPORT.COM - Timnas Basket Indonesia mendapatkan keistimewaan dari FIBA. Pasukan Merah Putih tidak harus ikut babak playoff FIBA Asia Cup 2021 yang akan dilaksanakan di Jakarta pada 12 hingga 14 Agustus mendatang.

Dengan keistimewaan tersebut, Timnas Indonesia dibebaskan dari babak playoff karena statusnya sebagai tuan rumah kejuaraan basket tingkat Asia tersebut. Hal ini pun diutarakan oleh Manajer Timnas Basket Indonesia, Maulana Fahreza.

"Sesuai informasi dari FIBA, Timnas Basket Indonesia tidak perlu melakukan final qualifiers. Jadi kita tidak ikut playoff, langsung FIBA Asia Cup," ungkap Maulana Fahreza Tamrella.

Meski tidak diperbolehkan ikut playoff, para Arjuna Indonesia tetap akan memeras keringat sebelum FIBA Asia Cup 2021.

Mereka akan gelar uji coba sebelum playoff mulai. Untuk lawan yang akan diajak sparring partner adalah lima negara peserta playoff yang mau.

"Diharapkan Timnas bisa uji tanding dengan negara-negara peserta playoff sebelum mereka bertanding di playoff. Di antara lima negara peserta playoff mana saja yang memungkinkan untuk hadir di Jakarta lebih dahulu dan ini subject to FIBA approval tentunya," terang Mocha, sapaan karib Maulana Fakreza Tamrella.

Sebelumnya, Timnas Basket Indonesia sempat direncanakan ikut playoff karena posisinya di fase kualifikasi lalu. Saat kualifikasi, Indonesia finis di posisi ketiga Grup A.

Sesuai aturan FIBA, ada empat tiket sisa putaran final yang bisa diperebutkan oleh peringkat ketika dari masing-masing grup.