In-depth

Profil Victor Wembanyama, Mantan Kiper yang Diprediksi Jadi Pilihan Pertama di NBA Draft 2023

Rabu, 29 Juni 2022 10:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pebasket muda Prancis, Victor Wembanyama, yang diprediksi jadi pilihan pertama di NBA Draft 2023. (Foto: [email protected]_32)
Penerus Giannis Antetokounmpo

Giannis Antetokounmpo nampaknya harus waspada di NBA 2023 mendatang seiring kemungkinan hadirnya penerusnya dari Prancis bernama Victor Wembanyama.

Victor Wembanyama merupakan Power Forward muda dari Prancis yang baru berusia 18 tahun. Ia dicap sebagai prospek hebat dari Eropa di generasinya yang diprediksi akan mengguncang panggung NBA.

Bahkan, media kenamaan seperti CBS Sports meyakini bahwa Wembanyama akan menjadi pilihan pertama di NBA Draft pada 2023 mendatang.

Wembanyama merupakan pebasket muda berkebangsaan Prancis yang lahir di Le Chesnay pada 4 Januari 2004 silam.

Namanya melejit karena postur tubuhnya yang mencapai 2,2 meter di usia yang baru 18 tahun dan sepak terjangnya di kancah basket Eropa.

Wembanyama lahir di keluarga atlet. Ayahnya merupakan atlet lompat tinggi dan ibunya merupakan pebasket, sama halnya dengan kakak perempuannya.

Lahir dan tumbuh di keluarga atlet, Wembanyama juga bergelut di dunia olahraga sejak dini. Tak disangka, awalnya ia menggeluti sepak bola.

Diketahui, Wembanyama pernah menjadi seorang kiper atau penjaga gawang. Selain itu, ia juga menggeluti olahraga Judo.

Namun karena sang ibunda, Wembanyama kemudian menggeluti dunia basket, di mana ia bermain bagi tim lokal bernama Entente Le Chesnay.

Selepas itu, Wembanyama bergabung tim basket profesional Prancis bernama Nanterre 92 pada usia 10 tahun. Sebagai informasi, sebelum bergabung Nanterre 92, orang tuanya menolak tawaran dari Barcelona dan ASVEL.

Namun setelahnya Wembanyama sempat dipinjamkan ke Barcelona pada usia 14 tahun pada 2018 lalu untuk tampil di Minicopa del Rey, di mana ia mencetak 16 poin dan 15 rebound di perebutan tempat ketiga.