x

5 Center Terbaik di Sejarah NBA: Dominasi Lakers

Selasa, 27 Oktober 2020 07:15 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Dalam ajang NBA, terdapat sejumlah pemain di posisi center yang layak disebut terbaik di dunia sepanjang sejarah.

INDOSPORT.COM - Dalam ajang NBA, terdapat sejumlah pemain di posisi center yang layak disebut terbaik di dunia sepanjang sejarah.

Sama seperti sepak bola, basket merupakan olahraga yang dimainkan secara tim. Bila di sepak bola satu tim terdiri dari 11 orang, sementara di basket hanya terdiri dari lima pemain saja.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam basket, setiap pemain dalam satu tim memiliki posisi berbeda-beda. Ada power forward, small forward, shooting guard, point guard, dan center.

Di antara semua posisi tersebut, center bisa dibilang memiliki tugas yang paling banyak serta menjadi jantung permainan sebuah tim basket.

Biasanya, pemain yang bermain di posisi center memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dibandingkan pemain-pemain lainnya. Ambil contoh di NBA yang rata-rata centernya memiliki tinggi badan di atas 2 meter.

Postur tubuh yang tinggi sendiri itu dimaksudkan agar memudahkan tugas mereka dalam pertandingan yang selalu ada baik saat offense maupun defense.

Saat defense, seorang center biasanya memiliki tugas utama untuk melakukan rebound. Dengan posturnya yang tinggi, seorang center bisa mencegah tim lawan mendapat second chance apabila tembakannya gagak masuk ke ring.

Di saat menyerang, center juga memiliki tugas utama untuk mencetak poin. Tinggi badan menjadi keuntungan pemain di posisi ini karena lebih mudah memasukkan bola ke dalam ring dari jarak dekat, entah melalui lay up atau dunk.

Sepanjang perhelatan NBA yang bergulir sejak 1947 silam ini, sudah banyak bermunculan pemain-pemain yang menempati posisi center. Namun, hanya beberapa di antara mereka yang layak disebut terbaik.

Berikut redaksti berita olahraga INDOSPORT coba merangkum lima pemain posisi center terbaik dalam sejarah perhelatan NBA:

1. Dwight Howard

Dwight Howard center LA Lakers.

Setelah 16 tahun berkarier sebagai pemain basket profesional, Dwight Howard akhirnya berhasil meraih gelar juara NBA pertamanya bersama LA Lakers pada musim 2019/20.

Ya, kembali ke klub yang pernah ia tinggalkan ternyata memberi berkah bagi Howard yang akhirnya punya cincin juara NBA untuk dipamerkan.

Terlepas dari keberhasilannya meraih gelar juara bersama Lakers, kehebatan Howard sebagai center tidak perlu dipertanyakan lagi. Hal itu sudah terlihat jelas ketika ia masih memperkuat Orlando Magic, klub profesioanal pertamanya.

Howard sendiri merupakan tokoh kunci di balik keberhasilan Magic bisa meraih tiket grand final NBA 2009, usai mengalahkan Cleveland Cavaliers yang diperkuat LeBron James di final Wilayah Timur.

Bersama Magic juga pemain basket kelahiran 8 Desember 1985 ini berhasil meraih status tiga  gelar NBA Defensive Player of the Year secara tiga tahun beruntun (2009-2011).

2. Shaquille O'Neal

Mengirkan. Kata itu nampaknya paling cocok untuk menggambarkan performa seorang Shaquille O'Neal saat masih aktif menjadi pemain basket.

Dengan tinggi 2,16 meter dan berat 147 kilogram, tentunya akan menjadi pekerjaan sulit bagi lawan untuk bisa menghentikan laju salah satu center terbaik asal Amerika Serikat ini.

Shaq sendiri mulai mencuri perhatian saat masih memperkuat Orlando Magic. Di klub tersebut pada 1995, Shaq membuat Magic untuk kali pertama dalam sejarah melangkah hingga babak final NBA, meski pada akhirnya takluk dari Houston Rockets.

Baca Juga
Baca Juga

Setelahnya, Shaq memutuskan untuk hijrah ke LA Lakers. Di klub yang identik dengan warna kuning ini talenta Shaq mulai membuahkan hasil. Bersama dengan Kobe Bryant, Shaq sukses mempersembahkan tiga gelar juara NBA dan ia selalu sukses meraih predikat MVP Final.

Bila Anda merasa Shaq bisa juara di Lakers karena Kobe, coba pikirkan baik-baik. Pasalnya, saat hengkang ke Miami Heat, Shaq kembali menambah cincinnya usai mengalahkan Dallas Mavericks.


1. 3. Hakeem Olajuwon

Hakeem Olajuwon, center legendaris Houston Rockets.

Telah disebut sebelumnya bahwa tugas seorang center adalah aktif terus sepanjang waktu dalam urusan bertahan dan menyerang. Beruntunglah Houston Rockets di tahun 1984-2001 karena memiliki Hakeem Olajuwon.

Saat masih memperkuat Rockets, Hakeem sukses menjadi bintang kesuksesan timnya itu meraih gelar juara NBA berturut-turut di 1994 dan 1995. Hebatnya lagi, di dua final tersebut, Hakeem selalu terpilih menjadi MVP.

Prestasi Hakeem tidak berhenti sampai di situ. Ia pun berhasil menjadi orang kedua setelah Michael Jordan yang mampu menyandang gelar MVP dan Defensive Player of the Year di tahun yang sama. Sebuah catatan yang baru-baru ini juga ditorehkan Giannis Antetokounpo.

Selama 18 tahun berkecimpung di dunia memasukkan bola ke dalam ring, statistik Hakeem bisa dibilang spektakuler dengan rata-rata mampu mencetak 22 poin, 11 rebounds, dan 3 tiga blok per pertandingan.

Melihat torehan gemilangnya tersebut, Rockets sendiri memberi penghargaan pada Hakeem dengan memutuskan ikut mempensiunkan nomor 34, karena tidak akan ada pemain yang bisa menyamai kegemilangan pria kelahiran 21 Januari 1963 tersebut.

4. Bill Russell

Bill Russell, center legendaris Boston Celtics yang 11 kali meraih gelar juara NBA

Tangan manusia pada umumnya memiliki total 10 jari dan semuanya bisa dipasangkan cincin. Namun bagi Bill Russel jumlah tersebut tidak akan cukup.

Ya, sepanjang kariernya selama 13 tahun di NBA bersama Boston Celtics, center bertinggi 2,08 meter ini sudah 11 kali mencatatkan gelar juara, yang berarti ia memiliki 11 cincin juara.

Torehan itu pun membuatnya menjadi satu-satunya manusia di planet bumi yang paling banyak meraih gelar juara NBA di tim yang sama.

Hebatnya, dua gelar juara NBA itu ia dapat sembari merangkap jadi pemain dan pelatih pada musim 1968 dan 1969.

Center kelahiran 12 Februari 1934 ini pun tercatat lima kali menjadi MVP dengan catatan rata-rata 15 poin, 4 assits, dan 23 rebounds per pertandingan selama kariernya.

5. Kareem Abdul-Jabbar

Kareem Abdul-Jabbar, legenda Lakers yang menjadi satu-satunya pebasket yang enam kali meraih MVP NBA.

Membicarakan center terbaik di sepanjang sejarah NBA tentunya kurang afdol apabila tidak menyebut nama Kareem Abdul-Jabbar, yang menghabiskan kariernya di dua tim, yakni Milwaukee Bucks dan LA Lakers.

Di dua tim tersebut, Kareem sama-sama meraih kesuksesan, meskipun namanya lebih akan dikenal sebagai center legendaris Lakers.

Sepanjang kariernya, Kareem mampu merasakan menyentuh trofi juara NBA sebanyak enam kali. Sebuah pencapaian yang tidak banyak dirasakan oleh pebasket.

Namun, bukan itu yang membuat Kareem begitu spesial, melainkan dua rekor miliknya yang hingga kini belum ada yang melewati atau bahkan hanya sekadar menyamai.

Rekor itu adalah sebagai pebasket yang paling banyak meraih gelar MVP NBA (enam kali) dan juga pemain dengan torehan poin terbanyak di NBA, yang menyentuh angka 38.387 poin.

NBALos Angeles LakersHouston RocketsBoston CelticsShaquille O'NealDwight HowardKareem Abdul-JabbarBasketBerita BasketHakeem Olajuwon

Berita Terkini