Pecatur Muda Indonesia Pastikan Diri Raih Norma Woman International Master Kedua

Rabu, 19 Juni 2019 03:11 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pecatur Indonesia WFM Ummi Fisabilillah (2201) memastikan diri meraih norma Woman International Master (WIM) kedua, setelah menambah setengah poin dari hasil bermain remis dengan kompratriotnya,  WIM Chelsie Monica Ignesias Sihite (2212), pada babak kesembilan turnamen catur internasional Japfa 2019 di Hotel Grand Inna Yogyakarta, Selasa (18/06/19) WIB.

Jalannya untuk mendapatkan norma WIM sempat tertunda di babak kedelapan karena dikalahkan favorit juara WIM Pujari Rucha (2234) dari India. Dengan tambahan setengah poin tersebut, Ummi kini sudah mengoleksi 6 poin atau sudah memenuhi syarat raihan poin minimal untuk mendapat norma WIM, padahal pertandingan masih menyisakan dua babak lagi.

"Sudah lumayan lega, paling tidak target tercapai. Tapi saya tetap harus serius untuk mempersiapkan diri dalam dua babak terakhir," kata Ummi seusai pertandingan seperti yang dikutip dari ANTARA.

Dengan demikian, Ummi Fisabilillah tinggal mendapatkan satu norma WIM lagi guna resmi menyandang predikat WIM. Norma WIM yang pertama didapat pecatur muda Indonesia ini yakni pada ajang JAPFA Chess Festival tahun lalu di Jakarta.

Berbeda dengan Ummi, poin setengah yang didapat Chelsie Monica Ignesias Sihite saat remis dengan lawannya tersebut juga sebuah pencapaian yang tidak buruk bagi pecatur berdarah Batak itu.

"Tadi memang saya dan Ummmi mainnya hati-hati. Ya bisa dikatakan sama-sama cari aman. Strateginya seperti itu," kata Chelsie.

Dalam dua babak tersisa, Chelsie akan menghadapi Pujari Rucha di babak kesepuluh dan menghadapi pecatur Vietnam WIM Luong Phuong Hanh (2271) di babak pamungkas. Sementara itu Ummi akan melawan Luong Phuong Hanh dan IM Milliet Sophie (2451) dari Prancis.