eSports

Termasuk Eks Terens Puhiri, 4 Tim Liga Thailand Ini Andalkan Pemain eSports Indonesia

Selasa, 21 Januari 2020 16:11 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© es.me
Termasuk eks Terens Puhiri, 4 tim Liga Thailand andalkan pemain eSports Indonesia: Thai Port FC, BG Pathum United, Buriram United, Trat FC. Copyright: © es.me
Termasuk eks Terens Puhiri, 4 tim Liga Thailand andalkan pemain eSports Indonesia: Thai Port FC, BG Pathum United, Buriram United, Trat FC.

INDOSPORT.COM – Tim sepak bola Liga Thailand beramai-ramai memanggil pemain eSports asal Indonesia di awal tahun 2020 ini. Ada apa gerangan?

Sebagaimana diketahui, tim sepak bola Thailand memang memiliki kompetisi Thai e-League Pro, yakni turnamen eSports yang memainkan game Pro Evolution Soccer (PES).

Sejak tahun lalu, sudah ada pemain eSports asal Indonesia yang menjajal pengalaman di Thai e-League Pro. Ialah Adyatma Priady dan Rizal Danyarta, pemain PES yang membela tim BG Pathum United.

Kini, menyusul sejumlah nama anyar pemain Indonesia yang melebarkan sayapnya dan bergabung ke tim Thailand. Siapa saja mereka?

1. BG Pathum United

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, BG Pathum United sudah mengontrak Adyatma Priady dan Rizal Danyarta untuk bermain Pro Evolution Soccer (PES) di Thai e-League Pro 2019 lalu.

Saat itu, Adyatma alias Qwe berhasil membawa timnya berprestasi, dan meraih posisi runner up klasemen akhir. Sementara Rizal Danyarta bahkan meraih gelar top skorer Thai e-League Pro 2019 dan mendapat hadiah individu sebesar Rp23 juta.

2. Thai Port FC

Thai Port FC dikenal sebagai tim Liga Thailand yang sempat mendapatkan pinjaman pemain sepak bola asal Indonesia, Terens Owang Puhiri pada tahun 2018 lalu, hingga bisa promosi ke kompetisi kasta teratas negara.

Berkat itu pula, Thai Port FC bisa bermain di Thai e-League Pro 2020, dan kembali mendatangkan dua pemain PES asal Indonesia, yakni Setia Widianto dan Doni Pratama Sakti.

3. Trat FC

Trat FC juga tak ingin ketinggalan memanggil pemain Pro Evolution Soccer (PES) asal Indonesia untuk berlaga di Thai e-League Pro 2020. Tak hanya satu, tim sepak bola asal Provinsi Trat itu memanggil dua pemain Indonesia sekaligus.

Adapun dua pemain yang dimaksud adalah Elga Cahya Putra dan Rommy Hadiwijaya. Keduanya memang sudah malang-melintang di kompetisi eSports internasional, dan meraih prestasi setidaknya di level Asia Tenggara.

4. Buriram United

Buriram United mendapatkan pemain pinjaman dari Zeus Onic Indonesia, yakni Muhammad Rizky Faidan di kompetisi Thai e-League Pro 2020. Pemain ini sendiri sudah memiliki nama besar di kompetisi PES dunia, meski masih berusia 16 tahun.

Rizky Faidan pernah menjuarai PES League Asia 2019 kategori 1v1, dan menjadi finalis PES League 2019 World Finals di Inggris. Prestasi ini sejalan dengan tim Buriram United yang juga memiliki tradisi juara di kompetisi PES.