eSports

Gelar Turnamen Mobile Legends, Putra Presiden Jokowi: Atlet eSport Indonesia Diakui Dunia

Minggu, 2 Februari 2020 03:49 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Ronald Seger/INDOSPORT
Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep di pembukaan kompetisi eSports Mobile Legends. Copyright: © Ronald Seger/INDOSPORT
Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep di pembukaan kompetisi eSports Mobile Legends.

INDOSPORT.COM - Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka menyebut kualitas atlet eSport Indonesia sudah diakui dunia. Hal tersebut diungkapkan Gibran usai membuka turnamen Mobile Legends bertajuk Piala Mas Gibran di The Park Mall, Solobaru, Sukoharjo, Sabtu (01/02/2020).

Gibran merujuk pada beberapa tim dan atlet yang mampu berprestasi di kejuaraan dunia. Selain itu, hasil dua medali perak di SEA Games Filipina lalu disebutnya sebagai pembuktian kualitas atlet e-sport Indonesia.

"Kemarin kan di SEA Games Indonesia menyumbang dua medali perak. Ini membuktikan jika atlet e-sport sudah diakui dunia," kata Gibran didampingi sang adik, Kaesang Pangarep kepada awak media termasuk INDOSPORT.

Seperti diketahui, eSports sudah mendapatkan pengakuan internasional dengan dimasukkan sebagai salah satu cabang olahraga yang pertama kalinya dipertandingkan di SEA Games 2019 di Filipina. Sebelumnya, cabor itu sudah diekisibisikan di Asian Games 2018.

"Kami wadahi melalui turnamen supaya motivasi dan bakat-bakat lokal yang masih terpendam mulai bisa muncul ke permukaan. Sehingga menjadi kompetitif mencari prestasi di bidang yang mereka minati," ujar dia.

Sebanyak 576 tim dari berbagai daerah di Jawa Tengah bersaing memperebutkan Piala Mas Gibran. Sebelumnya, ayah dari Jan Ethes tersebut juga menggelar turnamen serupa di beberapa daerah seperti Jakarta.