eSports

Pandemi Virus Corona, Piala Menpora E-Sport Dilakukan Virtual

Jumat, 24 April 2020 16:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali saat kunjungan kerja di Surabaya, Minggu (24/11/19). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali saat kunjungan kerja di Surabaya, Minggu (24/11/19).

INDOSPORT.COM - Menpora Zainudin Amali menyambut baik rencana gelaran Piala Menpora E-Sport 2020. Namun, kejuaraan ini akan dilakukan secara virtual lantaran pandemi virus corona di Indonesia belum reda.

Piala Menpora E-Sport 2020 memang direncanakan berlangsung pada Juli mendatang. Hal itu disampaikan Zainudin Amali usai melakukan video conference bersama Ketua Panitia Penyelenggaraan Piala Presiden E-Sports 2020, Giring Ganesha.

Menurut Menpora, di tengah Pandemi Covid-19, eSports menjadi olahraga satu-satunya yang mungkin bisa dikerjakan saat ini. Baginya, Piala E-Sport bisa dilakukan tanpa melibatkan kerumunan massa.

"Kita juga harus menunjukkan ke masyarakat bahwa kita juga mendukung social distancing kegiatan olahraga yang melibatkan orang banyak sudah berhenti, baik level profesional, amatir, atau olahraga dalam kategori rekreasi," kata Zainudin Amali, Jumat (24/4/20).

"Kita respek dan apresiasi pelaksanaan Piala Presiden E - Sport 2020 lalu oke banget dari pesertanya saja 177.000 dari sebelumnya 8.000-an. Kemenpora akan menyiapkan kelompok pelajar untuk E-Sport Piala Menpora tahun ini agar lebih selektif waktunya dan sebisa mungkin ditampilkan game-game lokal," tuturnya.

Menanggapi hal ini, Ketua Panitia Penyelenggaraan Piala Presiden E-Sports 2020, Giring Ganesha, menyambut baik. Nantinya dia pun akan membuka pendaftaran secara online.

"Rencananya mungkin dibuka registrasi online setelah ujian nasional anak-anak sekolah antara 20-30 Juni dan 1-26 Juli kita akan bergulir kualifikasi hingga babak final pada 25 Juli untuk kategori game Mobile Legends," ujar Giring.

"Nanti kita juga promosi social distancing, nantinya pemain/atlet akan bermain dari rumah masing-masing, host live di studio IESPL bersama cameraman saja, termasuk caster juga via online," tukas Giring.