eSports

BTR Babyla dan Onic Mute Ungkap Pelecehan Seksual di Ranah eSport

Minggu, 12 Juli 2020 20:13 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Dua atlet eSport PUBG Mobile asal Indonesia, BTR Babyla dan Onic Mute mengungkapkan bahwa terdapat pelecehan seksual yang terjadi di ranah eSports.

Beberapa tahun lalu, game eSports sendiri sudah semakin banyak peminatnya. Terbukti banyaknya atlet yang sudah mengikuti banyak sekali turnamen di ranah internasional. Sampai saat ini, memang gim online tersebut masih banyak peminatnya.

Semakin banyaknya para pemain eSports, sulit untuk mengontrol dari masing-masing player agar tetap bersikap normal dalam menjalankan permainan dengan tutur kata yang baik. Alhasil, banyak terjadi kejahatan-kejahatan yang terjadi dalam ranah eSports akhir-akhir ini.

Kali ini, melalui channel youtube Revival, dua atlet perempuan asal Indonesia tengah membahas mengenai kejahatan yang ada di eSports, yakni pelecehan seksual bagi kaum perempuan.

Pembahasan tersebut bermula saat pembahasan mengena dua caster Dota 2, yakni Zyori dan GranDGranT telah dituduh melakukan pelecehan seksual oleh korbannya. Akibat dari kasus ini bahkan salah satu caster itu memutuskan keluar dari eSports untuk waktu yang belum ditentukan.

Tidak hanya terjadi di luar negeri saja, rupanya kasus pelecehan seksual baik secara verbal dan fisik juga marak terjadi di Indonesia juga. Kali ini, yang pernah merasakan hal seperti itu adalah player dari ONIC eSports dan Bigetron eSport, yakni Nabila Rahmarizarti Maharani dan Meutia Maharani.

kedua pemain tersebut diberikan pertanyaan oleh pemandu acara mengenai apakah pernah diperlakukan tidak pantas selama menjadi pemain game eSports. Secara kompak, mereka berdua menjawab pernah mengalami pelecehan seksual.

“Apakah pernah mengalami pelecehan seksual selama menjadi atlet eSports perempuan?,” tanya host acara tersebut.

“Pernah tapi di mic all sih, kaya semisal Meutia pepew, terus saya bilang aja, mak lo tuh,” ucap ONIC Mute.

“Aku pernah sih, sering banget kalau lagi live streaming tuh mulut netizen minta dikasih asupan pendidikan. Asal ngomong kaya nanya, udah pernah gini belum. Itu kan privasi kita kan ya, mau ngelakuin apa engga kan bukan urusan mereka,” jawab BTR Babyla.

Kejadian yang dialami kedua atlet profesional eSport tersebut menajdi contoh agar kita sebagai pemain game tidak boleh memiliki perklakuakn tidak pantas kepada perempuan baik secara verbal maupun fisik.

Di sisi lain, BTR Babyla adalah salah satu pemain eSport divisi PUBG Mobile yang saat ini bermain di Belletron eSports, ini merupakan divisi kusus perempuan yang dimiliki oleh Bigetron eSports.

Sedangkan ONIC Mute adalah pemain dari ONIC eSports yang juga menjadi pro player dari divisi perempuan PUBG Mobile. Kedua orang ini selalu dikait-kaitkan karena memiliki kesamaan di bagian muka.