eSports

Pemain Blasteran Belanda Akui Sulitnya Player Indonesia Tembus ke Eropa

Kamis, 19 November 2020 13:06 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pemain PES blasteran Belanda, Yos 'Indominator' Sonneveld akui sulit bagi pro player Indonesia untuk bisa bermain di kompetisi eSports kancah Eropa.

Yos 'Indominator' adalah pro player berdarah Indonesia di Belanda yang sempat bermain untuk tim sepak bola Celtic FC, di kompetisi eFootball.Pro League selama dua musim.

Memainkan game sepak bola Pro Evolution Soccer (PES), Indominator memiliki kualitas yang sama dengan pro player PES Tanah Air, sebut saja Rizky Faidan dan Rizal 'Ivander'.

Beruntung, Indominator tinggal di Belanda, sehingga tentu lebih mudah bagi pro player 26 tahun itu untuk mengikat kontrak dengan tim Eropa di kompetisi sepak bola virtual.

"Salah satu faktor mengapa tidak ada pro player Asia di eFootball.Pro League, yaitu karena visa dan prosesnya sulit," ungkap Indominator saat dihubungi INDOSPORT.

"Klub akhirnya lebih sering mencari player Eropa karena lebih mudah meneken kontrak, dan tidak perlu diboyong jauh-jauh dari Asia," tambah pemain PES kelahiran Jakarta itu.

Meski demikian, Indominator juga punya andil besar dalam mempromosikan player PES Indonesia di Eropa, meski hingga kini belum ada pemain yang meneken kontrak. 

"Saya sudah mencoba sebaik mungkin untuk membawa pemain Indonesia bermain di klub Eropa, tapi kebanyakan terkendala di proses pengajuan visa," papar Indominator lagi.

Setidaknya Rizky Faidan dan Rizal 'Ivander' Danyarta mengaku pernah mendapatkan tawaran untuk bermain di Eropa, meski belum ada pembicaraan lebih lanjut.

Hal ini membuktikan usaha Indominator untuk mempromosikan pemain PES asal Indonesia di Eropa, sudah mendapatkan respon positif dari beberapa tim eSports.