eSports

KONI Jawa Tengah Siap Tampung Organisasi Cabor eSports

Rabu, 10 Maret 2021 08:24 WIB
Kontributor: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Isman Fadil
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Ketua umum KONI Jawa Tengah, Brigjen TNI (Purn) Subroto saat berada di kantornya. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Ketua umum KONI Jawa Tengah, Brigjen TNI (Purn) Subroto saat berada di kantornya.

INDOSPORT.COM - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Tengah menyambut positif rencana Pengurus Wilayah eSports Indonesia (ESI) Jawa Tengah untuk bergabung sebagai salah satu cabang olahraga.

Menurut, Ketua Umum KONI Jawa Tengah, Brigjen TNI (Purn) Subroto, pihaknya siap menerima ESI Jawa Tengah untuk masuk ke dalam jajaran cabang olahraga KONI Jawa Tengah. Hal tersebut disampaikannya

“Kami mengapresiasi dan menyambut baik adanya cabor baru yang akan bergabung dengan KONI Jawa Tengah. Kami harap nantinya, cabor ini bisa memberikan kontribusi yang baik untuk kemajuan olahraga di Jawa tengah,” ujar Subroto saat audiensi yang dilakukan oleh ESI Jawa Tengah dengan KONI Jawa Tengah, Selasa (09/03/21) sore secara virtual.

Pensiunan tentara dengan pangkat bintang satu ini lantas menjelaskan kepada ESI bahwa untuk dapat bergabung dengan KONI Jawa tengah ada beberapa aturan yang telah ditetapkan dan harus dipenuhi oleh ESI.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah tentang anggaran dasar anggaran rumah tangga (AD/ART) yang tidak bertentangan dengan peraturan olahraga dan KONI.

Selain itu, cabang olahraga wajib memiliki pengurus kabupaten/kota dengan jumlah minimal 50 persen dari jumlah kabupaten/kota yang ada di provinsi Jawa tengah. Di Jawa Tengah sendiri terdapat 35 kabupaten/kota.

“Selain itu, ada sejumlah persyaratan lagi yang harus dipehuni. Kami sudah kirimkan kepada ESI jawa Tengah agar dipelajari. Kami harap ESi Jawa Tengah bisa segera melengkapi nanti saat pengajuan,” imbuh Subroto.

Setelah ESI melakukan pengajuan, pihak KONI Jateng akan melakukan pembahasan dalam rapat kerja. Menurutnya, rapat kerja tersebut akan digelar pada bulan Desember 2021 mendatang.

“Nanti dalam rapat akan dibahas dari berbagai sisi mengenai ESI jawa Tengah. Kalau semuanya sudah sepakat, maka baru itu nanti kita akan menyetujui. Kalau tadi di laporan yang saya dapat."

"ESI jateng sudah punya pengurus di 29 kabupaten/kota, itu hal yang bagus. Tinggal syarat lainnya. Apalagi ESi jateng juga harus mempersiakkan betul jika ingin cabor eSports masuk ke PORPROV 2022,” terang Subroto.