eSports

Donkey Bandingkan Kontrak eSports dan Sepak Bola: Jangan Mau Dibodohi

Jumat, 28 Mei 2021 16:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Salah satu mantan pro player eSports Mobile Legends, Yurino Putra alias Donkey, buka-bukaan mengenai kontrak pemain yang berbeda dengan industri sepak bola.

Sebagai salah satu mantan pemain sekaligus bertindak sebagai pengamat, Donkey mengaku gerah dengan tim eSports yang tidak menghormati hak pemainnya.

Pasalnya, banyak tim yang menahan pemain untuk berkomunikasi dengan tim lain, meski kontrak mereka akan segera habis. Padahal, hal itu termasuk salah satu hak sebagai pemain.

"Di sepak bola, pemain sudah mendapatkan haknya secara adil. Tahun depan habis (kontrak) atau jika tidak ada kesepakatan, mereka bebas bicara ke tim mana pun," kata Yurino Putra.

"Sedangkan eSports di Indonesia, banyak talent atau player dibodoh-bodohi dengan klausul kontrak habis nggak boleh kemana mana dulu untuk jangka waktu tertentu," cetusnya.

© Instagram
Mantan pro player eSports Mobile Legends, Yurino Putra alias Donkey. Copyright: InstagramMantan pro player eSports Mobile Legends, Yurino Putra alias Donkey.

Donkey juga menjelaskan bahwa pemain kurang mendapat perlindungan di industri eSports karena bergerak secara individu. Artinya, tidak ada agensi yang melindungi mereka.

"Sejujurnya di Indonesia hak atlet eSports belum benar-benar dilindungi karena belum ada super agen seperti di sepak bola yang selalu ada untuk melindungi player-player tersebut," tegas Donkey.