Mantap, Ranking Dunia Timnas Futsal Indonesia Melesat Ungguli Amerika Serikat dan Inggris

Selasa, 12 April 2022 17:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© AFF Futsal/FAT
Timnas Futsal Indonesia berhasil naik tiga peringkat di ranking dunia setelah menjadi runner-up di ajang AFF Futsal Championship atau Piala AFF Futsal 2022.Foto: AFF Futsal/FAT Copyright: © AFF Futsal/FAT
Timnas Futsal Indonesia berhasil naik tiga peringkat di ranking dunia setelah menjadi runner-up di ajang AFF Futsal Championship atau Piala AFF Futsal 2022.Foto: AFF Futsal/FAT

INDOSPORT.COM – Timnas Futsal Indonesia berhasil naik tiga peringkat di ranking dunia setelah menjadi runner-up di ajang AFF Futsal Championship atau Piala AFF Futsal 2022.

Melansir dari laman resmi Futsal World Ranking, peringkat Timnas Indonesia naik dari awalnya 45 dunia, setelah AFF Futsal Championship 2022, kini mereka menempati posisi ke-42 per hari ini, Selasa (12/04/22).

Tim asuhan Mohammad Hashemzadeh tersebut kini mengantongi 1061 poin, raihan yang sama dengan Lebanon yang juga menduduki posisi ke-42.

Hanya saja, Timnas Garuda tersebut lebih unggul karena mereka mampu naik enam tangga dari ranking sebelumnya pada 21 Desember 2022 lalu.  Sementara Lebanon justru harus turun dua peringkat dari posisi sebelumnya di urutan ke-40.

Menariknya, posisi Timnas Futsal Indonesia saat ini juga berhasil mengungguli posisi dua negara adidaya, yakni Amerika Serikat dan Inggris.

Saat ini, Amerika Serikat hanya puas menduduki peringkat ke-47 dunia (1019 poin) sedangkan Inggris posisinya jauh lebih rendah yakni di urutan ke-60 (922 poin).

Naiknya peringkat Timnas Futsal Indonesia di ranking dunia ini tak lepas dari keberhasilan mereka mencapai final turnamen AFF Futsal Championship 2022 yang digelar di Bangkok, Thailand.

Sayangnya, Indonesia gagal membawa pulang trofi kemenangan setelah mereka tuan rumah Thailand pada laga final di Stadion Indoor Hua Mark, Bangkok, Minggu (10/04/22) yang harus diakhiri dengan adu penalti.

Dalam laga final, Indonesia sejatinya unggul dua gol terlebih dahulu melalui gol Evan Souimalena dan Ardiansyah Runtuboy.

Namun, Thailand yang tampil dengan strategi "power play" pada menit-menit akhir pertandingan berhasil menyamakan kedudukan hanya dalam waktu satu menit, tepatnya pada menit ke-40 atau di penghujung laga, berkat gol Krit Aransanyalak serta Muhammad Osamanmusa.