Resmi, Timnas Futsal Indonesia Diberangkatkan ke SEA Games 2021

Rabu, 13 April 2022 16:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© AFF Futsal/FAT
Skuad Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT Copyright: © AFF Futsal/FAT
Skuad Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT

INDOSPORT.COM - Ketua kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam 2021, Ferry J. Kono mengatakan cabang olahraga futsal putra resmi diberangkatkan ke SEA Games 2021.

Pihaknya telah daftarkan kepada panitia penyelenggara SEA Games 2021 Vietnam.  Keputusan itu berdasarkan hasil rekomendasi dari tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON), sesuai data dan track record prestasinya.

"Kami sudah mendengarkan rekomendasi dari tim review, dalam hal ini Prof. Asmawi dimana dalam rekomendasinya cabang olahraga yang sudah ditetapkan baik DBON maupun non DBON akan ditambah satu cabang olahraga baru yaitu Futsal Putra, itu hasil review," kata Ferry setelah rapat koordinasi dengan Menpora, Zainudin Amali terkait Persiapan SEA Games Hanoi 2021 Tahun 2022 di kantor Kemenpora, Rabu (13/04/22). 

Ferry Kono menjelaskan, pihaknya langsung melakukan akreditasi untuk tim futsal putra, supaya bisa bertanding di SEA Games.

Sebelumnya, ada sedikit perbedaan pendapat dengan Federasi Futsal Indonesia (FFI) terkait timnas futsal yang ke SEA Games 2021. 

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti menjelaskan, FFI justru meminta agar tim futsal putri yang diberangkatkan. Tapi, hal itu ditolak karena tim putri minim prestasi.