Duh! Coach Justin Gembar-gembor Tidak Digaji saat Melatih Timnas Futsal Indonesia

Selasa, 19 April 2022 12:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Justinus Lhaksana alias Coach Justin, mantan pelatih Timnas Futsal Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Justinus Lhaksana alias Coach Justin, mantan pelatih Timnas Futsal Indonesia.

INDOSPORT.COM - Justinus Lhaksana alias Coach Justin gembar-gembor tidak pernah digaji saat menjabat sebagai pelatih Timnas Futsal Indonesia, sejak tahun 2004 silam.

Coach Justin adalah salah satu sosok yang memopulerkan olahraga futsal di Tanah Air. Pada tahun 2004, Coach Justin dilantik menjadi pelatih Timnas Futsal Indonesia.

Kala itu, Timnas Futsal Indonesia mengikuti Piala Asia di Vietnam dan berhasil lolos dari fase grup. Prestasinya sudah mulai terlihat.

Barulah pada tahun 2008, Timnas Futsal Indonesia mampu menyelesaikan Piala AFF Futsal sebagai runner-up atau peringkat dua.

Memasuki tahun 2009, Coach Justin akhirnya melepas jabatannya sebagai pelatih Timnas Futsal Indonesia. Ia lebih banyak membuat coaching clinic futsal.

Coach Justin pun sempat terlibat di Timnas Futsal Indonesia, saat mengikuti SEA Games 2013 Myanmar. Tapi ia memilih mundur lagi karena menganggap FFI tidak serius.

Enam tahun berselang, tepatnya pada 2019, Coach Justin kembali diandalkan di Timnas Futsal Indonesia, namun dengan peran yang berbeda. Ia tampil sebagai direktur teknik.

Hanya saja, Coach Justin hanya bertahan selama tiga bulan di jabatan prestisius itu, karena perbedaan prinsip dengan sang pelatih kepala, yaitu Kensuke Takahashi.

Belakangan, Coach Justin kembali bicara di media, bahwa perkembangan dunia futsal di Indonesia semakin baik, bahkan pemain sudah mengantongi gaji puluhan juta.

Hal ini berbeda dengan masa saat Coach Justin aktif membina pemain di era 2000an, di mana saat itu gaji sangat terbatas, dan ia pun memberikan gajinya untuk para pemain.