Mustafa Ali, Pegulat Muslim Penerus Rey Mysterio di WWE SmackDown

Sabtu, 30 Mei 2020 23:10 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mengenal sosok Mustafa Ali, salah satu pegulat Muslim yang bakal menjadi penerus Rey Mysterio di panggung WWE SmackDown.

Dunia gulat bebas WWE, memang masih sukses menarik minat para penonton meski saat ini muncul beberapa program serupa seperti AEW ataupun Lucha Underground dari Amerika Latin.

Penekanan pada karakter serta storyline masing-masing pegulat, ternyata menjadi nilai jual paling tinggi yang mampu mendongkrak pamor WWE sejauh ini.

Salah satu karakter yang sangat populer dan diingat sampai saat ini adalah Rey Mysterio, pegulat bernama asli Óscar Gutiérrez itu menjelma menjadi ikon WWE lewat peran pegulat kecil namun sukses mengalahkan lawan yang jauh lebih besar.

Keunggulan yang membuat Rey Mysterio makin dikenal selain topeng ikoniknya adalah gaya bertarung yang kerap kali terbang dari atas ring, serta aksi akrobatik yang sulit ditebak lawan dan penonton.

Laman ESPN pun melabeli Rey Mysterio sebagai pegulat kelas cruiserweight terbaik dalam sejarah dunia gula profesional. Namun seiring berjalan waktu, kecepatan dan kelincahan Rey Mysterio berkurang lantaran beban tubuhnya yang mulai bertambah. 

Para penonton pun berharap, segera ada pegulat lain yang mampu menampilkan aksi sama dengan Rey Mysterio di panggung WWE.

© Daniel Boczarski/Getty Images
Rey Mysterio menghadiri sebuah acara di Chicago, Amerika Serikat. Copyright: Daniel Boczarski/Getty ImagesRey Mysterio, salah satu pegulat ternama di WWE.

Harapan tersebut tampaknya mulai terwujud pada tahun 2018 lalu, di mana Mustafa Ali yang merupakan jebolan NXT mendapat jatah promosi untuk tampil di ajang WWE SmackDown.

Pada 11 Desember 2018 lalu, Ali yang bernama lengkap Adeel Alam ini melakukan debut di WWE dengan menghadapi salah satu bintang gulat dunia, Daniel Bryan meski akhirnya kalah.

Walau kalah, namun pergerakan serta aksi akrobatik Mustafa Ali di atas ring saat menghadapi mantan juara dunia WWE itu mendapat banyak apresiasi dari penonton. Bahkan dirinya mendapat julukan The New High-Flying Wrestler.

Salah satu penampilan gemilang Mustafa Ali di panggung WWE adalah saat ia menjalani duel tag team antara bersama AJ Styles dan menghadapi Daniel Bryan/Andrade Almas pada Selasa (18/12/2019) lalu.

Di laga tersebut, tim AJ Styles berhasil meraih kemenangan setelah Mustafa Ali melancarkan stunner andalannya dan melakukan pin kepada pemegang sabuk juara SmackDown, Daniel Bryan.

Digadang-gadang menjadi penerus Rey Mysterio lantaran kesamaan gaya gulatnya, ternyata Mustafa Ali merupakan seorang muslim yang taat bahkan dalam postingannya ia beberapa kerap membagikan unggahan bernuansa islami.

Meski lahir di Amerika Serikat, namun Mustafa Ali memiliki darah Pakistan dari sang ayah dan juga India dari sang ibu. Ia bertemu istrinya pada 2010, dan memutuskan menikah pada Januari 2011, klni keduanya memiliki satu orang putri dan putra.