Kehabisan Generasi, Usain Bolt Sebut Pelari Jamaika Manja

Selasa, 23 Juli 2019 22:16 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Usain Bolt selebrasi di hadapan 56 ribu pendukungnya. Copyright: © Getty Images
Usain Bolt selebrasi di hadapan 56 ribu pendukungnya.

INDOSPORT.COM - Usain Bolt, peraih delapan medali emas Olimpiade asal Jamaika, angkat suara mengenai generasi pelari Jamaika yang dianggapnya ‘manja’.

Pelari tercepat ini melihat peluang pasukan Jamaika di Olimpiade mendatang sangatlah kecil, karena kurangnya disiplin dan keinginan untuk menggapai keberhasilan.

Bolt, yang memimpin Jamaika menjuarai setiap kompetisi sprint dunia, merasa tingkat motivasi telah turun sejak ia pensiun sehabis Kejuaraan Dunia London pada 2017.

“Saya merasa perkembangannya tidak semakin baik, karena anak-anak muda ini sedikit manja,” kata pelari berumur 32 ini pada Reuters.

“Pada waktu saya masih aktif  berlari, saya selalu termotivasi untuk mencapai sesuatu yang lebih dan lebih, tapi sekarang saya sudah berhenti dan saya rasa semuanya menurun.”

Usain Bolt bukannya tak pernah gagal. Pada tahun 2005 di Helsinki, tim lari estafet Jamaika gagal memperoleh medali yang pada saat itu Usain Bolt menderita cedera pada hamstringnya.

Ia juga pernah mencatatkan prestasi yang menurun di Gold Coast tahun lalu di 100 m individual.

Di sisi lain, Bolt lebih menaruh harapan besar pada pelari-pelari wanita Jamaika di kejuaraan dunia di Doha pada September-Oktober mendatang. Selly-Ann Fraser-Pryce dan Elaine Thompson adalah pemegang waktu tercepat di tahun ini yakni 10,73 detik dalam balapan 100m.

“Sepertinya dari tim wanita akan lebih baik,” kata Bolt

“Jika ada kegagalan sepertinya itu hanya dari tim laki-laki, karena menurut saya tim wanita akan melakukan hal yang lebih baik, tetapi kita akan melihat apa yang akan terjadi.”

Menurut Usain Bolt, semangat tim wanita Jamaika lebih memiliki ambisi dan dorongan daripada tim laki-lakinya.

“Faktanya begini, jujur, mereka lebih pintar,” tambah Bolt.

“Mereka ingin menjadi kaya, ingin menjadi lebih baik, mereka ingin mencapai hal-hal dalam kehidupan sehingga mereka bekerja untuk hal-hal itu.”

“Mereka ingin berkembang dan terus melakukan hal-hal besar. Saya tidak merasa kalau tim laki-laki menginginkan hal yang sama," tukas Bolt dalam wawancara dengan Independent

Penulis: Israelly Rex Kawengian

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%