Jelang Olimpiade Tokyo 2020, Zohri Bakal ke China Jalani Uji Coba

Selasa, 21 Januari 2020 19:17 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COMSprinter kebanggaan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri akan terbang ke China untuk mengikuti kejuaraan atletik sebagai laga uji coba jelang Olimpiade Tokyo 2020 pada Juli mendatang.

Pelatih jarak pendek Tanah Air, Eni Nuraeni, mengatakan bahwa Zohri akan mengikuti setidaknya dua kejuaraan atletik indoor yang berlangsung pada Februari dan Maret.

Kejuaraan pertama yang dipastikan akan diikuti oleh Zohri adalah 9th Asian Indoor Championships pada 12-13 Februari di Hangzhou, kemudian dilanjutkan 2020 World Athletics Indoor Tour di Nanjing, China, pada 13-15 Maret.

“Pertengahan Februari ini sama Maret ada Kejuaraan Indoor Asia sama (kejuaraan) dunia indoor. Mungkin di situ melihatnya karena memang sampai bulan Juni kualifikasi Olimpiade masih jalan,” tutur Eni, dilansir dari laman Antara.

Meski Zohri sudah dipastikan lolos ke Olimpiade Tokyo 2020, Eni mengatakan anak asuhnya itu masih perlu mengikuti beberapa kejuaraan sebagai latih tanding dan meningkatkan mental serta rasa percaya diri.

“Kejuaraan ini buat latih tanding biar biasa. Berusaha yang terbaiklah memperbaiki hasil yang kemarin di Osaka,” tambah sang pelatih.

Pada Seiko Golden Gran Prix 2019 di Osaka, Jepang, Zohri mampu finis di peringkat ketiga dengan catatan waktu 10,03 detik. Hasil itu memastikan tiket bagi Zohri menuju Olimpiade Tokyo 2020 karena ia sukses menembus limit lolos 10,05 detik di kategori lari 100 meter.

Bagi Zohri sendiri, kejuaraan atletik indoor nanti yang merupakan lomba lari 60 meter itu akan menjadi tantangan tersendiri. Apalagi, Zohri mengaku ia masih lemah dalam hal start blok.

Ia juga berharap bisa memberikan prestasi terbaik bagi Indonesia lantaran ia belum pernah mengikuti kejuaraan indoor.