x

Alvin Tehupeiory Tutup Perjalanan di Olimpiade Tokyo, Tersisa Lalu Zohri

Jumat, 30 Juli 2021 13:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Herry Ibrahim
Sprinter Alvin Tehupeiory (kanan) harus menyudahi langkahnya di Olimpiade Tokyo 2020. Atlet 26 tahun itu finis di urutan terakhir babak utama nomor 100 meter putri.

INDOSPORT.COM - Sprinter Alvin Tehupeiory harus menyudahi langkahnya di Olimpiade Tokyo 2020. Atlet berusia 26 tahun itu finis di urutan terakhir babak utama nomor 100 meter putri.

Tampil di babak utama Olimpiade Tokyo, Jumat (30/7/21), Alvin Tehupeiory menempati peringkat delapan di heat 2, dengan catatan waktu 11.92 detik.

Alvin terpaut satu detik lebih dari peraih medali emas 100 meter Olimpiade Rio 2016, Elaine Thompson-Herah asal Jamaika, yang mencatat waktu tercepat 10.82 detik.

Dengan hasil ini, juara nasional 100 meter tahun 2019 ini pun meminta maaf kepada masyarakat Indonesia, karena belum bisa memberikan hasil terbaik di Olimpiade.

Baca Juga
Baca Juga

“Kepada masyarakat Indonesia yang selama ini telah mendoakan dan mendukung saya, saya minta maaf belum bisa memberikan yang terbaik. Semoga ke depannya, saya bisa tampil lebih baik lagi,” ujar Alvin.

Melakukan start dengan baik, Alvin masih mampu mengimbangi hingga 30 meter pertama. Tapi setelah itu, Alvin pun mulai tertinggal dan masuk finis di posisi terakhir.

“Saya masih belum fokus, masih memikirkan yang lain. Selain itu, selama pandemi tidak ada perlombaan, jadi agak kaget karena tidak ada pengalaman berlomba,” imbuhnya.


1. Pengalaman Berharga

Sprinter Alvin Tehupeiory harus menyudahi langkahnya di Olimpiade Tokyo 2020.

Sebelumnya, atlet kelahiran Ambon ini tidak pernah membayangkan tampil di Olimpiade, apalagi di nomor sprint, karena selama ini ia menjadi spesialis lari 400 meter gawang.

Tapi, kemenangan di nomor 100 meter dalam Kejuaraan Atletik Nasional 2019 pun mengubah kariernya. Alvin mulai fokus untuk lari nomor sprint 100 meter dan 200 meter.

“Saya bersyukur bisa tampil perdana di Olimpiade dan berkompetisi melawan pelari-pelari top dunia,” kata wanita yang berkarir di TNI Angkatan Darat tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Di babak utama, Alvin beradu lari melawan Thompson-Herah yang menempati peringkat dua dunia, Khamica Bingham asal Swiss (top 14), dan Tatjana Pinto dari Jerman (top 22).

“Senang sekali bisa bertemu langsung dengan Elaine Thompson, dan pengalaman berharga buat saya agar ke depan saya bisa tampil lebih baik," ucap Alvin Tehupeiory lagi.

"Saya bisa melihat cara dia pemanasan, caranya keluar dari starting block, dan bagaimana dia menenangkan diri. Dia juga ramah dan membalas saat saya menyapa."

Dengan lengsernya Alvin Tehupeiory, maka kini Indonesia hanya menyisakan sprinter Lalu Muhammad Zohri untuk cabor atletik nomor 100 meter putra Olimpiade Tokyo. Zohri akan tampil pada Sabtu (31/07/21) besok.

AtletikLariOlimpiade Tokyo 2020Lalu Muhammad ZohriAlvin Tehupeiory

Berita Terkini