Atlet Rusia Peraih Medali Emas Olimpiade Terkena Kasus Doping

Rabu, 6 April 2016 11:52 WIB
Editor: Randy Prasatya
 Copyright:

Beloborodova yang berkompetisi di bawah nama Lysenko, pernah memenangi gelar pada 2011 dan 2013 serta memegang medali emas Olimpiade London 2012.

"IAAF bisa memastikan bahwa Tatyana Beloborodova (Lysenko) dihukum sementara dan selanjutnya IAAF belum bisa memberi komentar hingga pembuktian," kata badan dunia olahraga atletik, dikutip The Guardian.

Media Rusia melaporkan pada Senin tentang sampel tes doping dari Beloborodova yang dilakukan pada kejuaraan dunia 2005, dimana dia meraih medali perak kalah unggul dari atlet Kuba Yipsi Moreno, yang menunjukkan positif setelah dilakukan tes ulang.


Tatyana Beloborodova

Atlet berusia 32 tahun itu dihukum larangan bertanding 2007 hingga 2009 karena dia menggunakan steroid dan tes kedua yang juga menunjukkan positif bakal memperpanjang waktu hukumannya.

Sejak November 2015, sebuah laporan yang diungkap stasiun TV Jerman, ARD, menemukan adanya skandal doping besar-besaran yang terjadi di Rusia.

Bahkan, Negeri Beruang Merah ini mendapat ancama untuk tidak tampil di Olimpiade 2016. Hasil itu tentu akan merugikan Rusia yang dikenal sebagai raksas cabang olahraga atletik.

2