Pasca Tewasnya Remaja Thailand Akibat Thai Boxing, UU Tinju Akan Dirombak

Jumat, 16 November 2018 02:30 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Rafif Rahedian
© Facebook
Anucha Kochana meninggal setelah pertandingan Muay Thai. Copyright: © Facebook
Anucha Kochana meninggal setelah pertandingan Muay Thai.

INDOSPORT.COM - Dunia olahraga berduka menyusul tewasnya seorang remaja Thailand yang bertanding kickboxing. Akibatnya, aturan olahraga ini ditinjau ulang.

Wakil Perdana Menteri Thailand, Prawit Wongsuwon memerintahkan peninjauan ulang rancangan amandemen UU Tinju. Hal ini dilakukan menyusul banyaknya kritik terhadap batas usia minimum baru bagi petinju muda.

Perubahan yang diusulkan Majelis Legislatif Nasional (NLA) ini menyita perhatian publik setelah seorang remaja berusia 13 tahun tewas setelah mengalami cedera kepala di pertandingan Muay Thai (Thai Boxing) yang digelar di suatu acara amal Sabtu lalu (10/11/18).

Undang-undang saat ini tidak menetapkan usia minimum tetapi hanya menetapkan kebutuhan untuk mendaftarkan anak-anak yang berlatih seni bela diri di bawah usia 15, demikian menurut informasi dari Bangkok Post.

Terjadi pro kontra mengenai usulan NLA terkait pelarangan remaja yang berusia di bawah 12 tahun untuk ikut olahraga ini. Mereka yang menentang menyebutkan bahwa peraturan ini akan mempengaruhi perkembangan petinju baru dan kesempatan mereka untuk mencari nafkah.

Komite Olimpiade Nasional Thailand juga baru-baru ini membahas mengenai tinju anak. Gen Prawit, yang memimpin komite, menginstruksikan Kementerian Pariwisata dan Olahraga untuk memutuskan arah yang paling tepat untuk olahraga ini.

Menurutnya, aspek keamanan dan kebutuhan untuk mengembangkan tinju adalah dua poin yang harus diperhatikan. ia juga menyarankan penggunaan ilmu olahraga untuk membangun keterampilan anak-anak jika mereka terlalu muda untuk berlatih Muay Thai, dan menekankan perlunya memberikan peralatan perlindungan yang tepat kepada para petinju muda.

Pertandingan Sabtu lalu itu menarik respons cepat dari pihak berwenang, yang meminta agar langkah-langkah dilakukan untuk mencegah atlet tewas karena pertandingan.

Terus Ikuti Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%