Kisah Eks Petarung MMA yang Kehilangan Detak Jantung Saat Operasi

Kamis, 13 Desember 2018 11:51 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mantan petarung sekaligus ikon MMA dan UFC, David 'Tank' Abbott, pernah mengalami kejadian kurang menyenangkan saat berada di meja bedah.

Saat itu, ia nyaris kehilangan nyawanya saat menjalani operasi transplantasi hati.

Menjadi seorang petarung UFC membuat Abbott yang kini berusia 53 tahun sempat terlena dengan kehidupan-kehidupan duniawi yang tidak terkontrol. Akibatnya, kesehatannya lah yang pada akhirnya menjadi korban.

“Saya punya kehidupan yang liar sampai akhirnya organ hati saya bermasalah. Saya kemudian mendapat transplantasi dan kini semua baik-baik saja,” kata Abbott kepada The Hannibal TV.

Meski demikian, operasi yang dijalani pria asal Amerika tersebut ternyata tidak semulus yang orang kira. Ia sempat tidak bernapas beberapa kali dan membuat tim dokter harus bekerja ekstra memacu dan mengembalikan detak jantungnya.

“Saya mati lima kali selama berada di meja operasi. Saya pun mendapat pukulan kurang lebih sampai enam kali dan pada akhirnya saya masih ada di sini” katanya lagi.

“Saya mampu kembali dan melalui segalanya dengan terus berjuang. Itu adalah pertarungan tersulit yang pernah saya lalui. Akan tetapi, saya masih hidup,” tambahnya.

Abbott menghabiskan 107 hari di ruang Intensive Care Unit (ICU) dan kehilangan cukup banyak berat badan. Selama sakit, ia konon telah kehilangan paling tidak 45 kg dan harus berjuang mengembalikan kondisi tubuhnya seperti semula.

Ikuti Terus Berita MMA dan UFC Serta Berita Sport Lainnya Hanya di INDOSPORT