Petarung MMA Ini Gagal Menang dan Dihukum karena Selebrasi, Kok Bisa?

Minggu, 29 Maret 2020 19:20 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Petarung Mixed Martial Arts (MMA) asal Amerika Serikat, Drew Chatman harus menanggung malu usai gagal menang lantaran melakukan aksi selebrasi yang tak terpuji.

Drew Chatman sebenarnya memenangkan debut pertarungan profesional MMA-nya saat melawan Irvins Ayala di ajang LFA 36. Namun kemenangan itu gagal dicicipinya setelah mendapatkan hukuman hanya karena melakukan selebrasi konyol.

Melansir dari laman MMA Fighting, diketahui Chatman berhasil membuat Irvins Ayala tumbang dengan cara yang cukup unik yakni saat dirinya terpeleset karena mendapatkan tendangan dari rivalnya.

Namun, ternyata lutut Chatman menghantam dagu Ayala dengan keras, dan akhirnya membuat rivalnya tak berdaya dan langsung tumbang dengan cara terkapar di arena octagon.

Mengetahui rivalnya sudah tergeletak tak berdaya, Chatman pun langsung merayakan kemenangannya dengan melakukan selebrasi yang tak terpuji, yakni menginjak punggung lawannya untuk melakukan backflip.

Aksi selebrasi itu langsung mendapatkan teguran dari sang wasit dan iringan sorakan dari penonton yang mengecam tindakan tak patut yang telah dilakukannya. Ia pun mendapatkan hukuman dari buntut selebrasi tersebut.

Chatman dinilai telah melakukan beberapa pelanggaran aturan, termasuk memukul lawannya setelah pertarungan, dan perilaku yang tidak sportif yang membuat kemenangannya harus dibatalkan.

Ia juga mendapatkan hukuman diskualifikasi selama 90 hari oleh Komisi Atletik Negara Bagian California (CSAC) dan gajinya dipotong sebesar 500 dolar AS (Rp8 juta).

Drew Chatman sendiri langsung menyampaikan ucapan maaf dan penyesalannya karena telah melakukan tindakan tak sportif dan tak keberatan untuk menjalani hukuman yang diterimanya.