Pulau YAS, Mewahnya Surga di Tengah Gurun Hingga Venue UFC 251

Rabu, 8 Juli 2020 17:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Travelzoo.com
YAS Island tampak atas. Copyright: © Travelzoo.com
YAS Island tampak atas.

INDOSPORT.COM – Yas Island merupakan sebuah pulau buatan yang mewah dan terletak di gurun Abu Dhabi, Unie Emirat Arab. Pulau YAS sendiri akan menjadi tempat digelarnya empat pertarungan UFC yang bertajuk Fight Island.

Diketahui pihak UFC akan menggelar empat pertandingan yang berlangsung pada 12, 16, 19 dan 26 Juli, yang berlangsung dalam zona aman pulau Yas, Abu Dhabi, di mana laga UFC 251 akan menjadi laga pembuka di kompetisi yang akan berlangsung selama satu bulan tersebut.

Dipilihnya pulau Yas oleh Dana White selaku bos UFC lantaran adanya kebijakan dilarang melakukan penerbangan ke Amerika Serikat akibat pandemi virus corona, yang tentunya juga berimbas kepada para petarung MMA yang akan berpartisipasi.

Daerah tersebut juga dianggap aman, dengan pemerintah Abu Dhabi mendukung digelarnya pertarungan dengan syarat harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Pulau Yas merupakan sebuah pulau buatan seluas 2,500 ha yang dikembangkan mulai tahun 2006, dan bisa dicapai dengan jalur darat maupun laut, dan terletak dengan pulau Sir Bani Yas.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dana White (@danawhite) on

Pulau ini memang dikembangkan untuk dijadikan sebuah kawasan mewah yang berisikan pusat hiburan dengan dengan estimasi biaya lebih dari 40 miliar dolar AS (sekitar Rp57,6 triliun).

Dalam pulau tersebut terdapat fasilitas mewah dan menjadi pusat hiburan bagi kawasan Timur Tengah seperti taman bermain Ferrari World, Yas Waterwold, Warnes Bros World, SeaWorld, Yas Marina Circuit, Yas Links, Yas Beach du Arena and Forum.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dana White (@danawhite) on

Pulau ini juga biasa digunakan sebagai tuan rumah kejuaraan Formula 1 (F1) sejak tahun 2009. Tak hanya itu, hotel dan resort mewah serta pusat perbelanjaan juga tersedia di pulau Yas.

Nantinya, pertarungan UFC akan digelar secara ketat dan juga akan mendapatkan pengawalan dengan tingkat keamanan yang tinggi, untuk mencegah adanya pihak yang tak berkepentingan datang ke wilayah tersebut, demi mencegah paparan virus corona.

Pulau tersebut selain akan digunakan sebagai tempat pertarungan baik di dalam atau pun di luar ruangan, juga akan digunakan untuk tempat latihan, tempat istirahat dan tinggal para staf dan petarung yang terlibat.

Pada pertarungan UFC 251: Fight Island yang berlangsung pada 12 Juli mendatang, akan diramaikan dengan lima duel yang amat menarik, dengan pertempuran perebutan gelar juara welterweight antara Kamaru Usman vs Jorge Masvidal akan menjadi duel utama atau main event.

Sebelumnya juga akan menyuguhkan dengan duel antara Alexander Volkanovski vs Max Holloway, Petr Yan vs Jose Aldo, Jessica Andrade vs Rose Namajunas dan Amanda Ribas vs Paige VanZant, serta 16 petarung lainnya yang tergabung dengan di acara prelims dan early prelims card.